Dewan Pers SinPo

Nilai Tukar Rupiah Relatif Stabil Dibanding Negara Lain

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 09 Agustus 2022 | 17:55 WIB
Wamenkeu Suahasil Nazara (SinPo.id/Kemenkeu)
Wamenkeu Suahasil Nazara (SinPo.id/Kemenkeu)

SinPo.id - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu), Suahasil Nazara, mengatakan bahwa nilai tukar rupiah saat ini masih relatif stabil diantara negara-negara lainnya. Hal itu dikarenakan sektor perbankan Indonesia juga menunjukkan kredit yang meningkat cukup tinggi, dan sektor moneter juga dalam kondisi baik.

“Ini fundamental-fundamental yang pasti dilihat oleh seluruh perekonomian, seluruh global. Dengan fundamental seperti ini, kekuatan ekonomi kita terjaga,” kata Wamenkeu dalam program Squawk Box CNBC Indonesia, Selasa 9 Agustus 2022.

Pihaknya mengungkapkan bahwa perekonomian Indonesia terus menunjukkan pemulihan di tengah berbagai risiko dan ketidakpastian global, seperti stagflasi, tekanan inflasi, dan situasi geopolitik.

“Geliat ekonomi kita lihat sudah cukup robust. Selama satu semester 2022 ini, kita lihat bahwa kegiatan ekonomi berlanjut terus," tuturnya.

Selain itu, konsumsi masyarakat juga menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi yang kini mencapai 5,44 persen (yoy). Artinya, kegiatan belanja sudah terbuka.

“Kalau kita lihat konsumsinya tinggi, kita senang. Di kuartal II kemarin ada mudik lebaran yang juga sangat baik sekali, lancar. Tentu didukung oleh infrastruktur yang baik, harga BBM yang relatif murah,” imbuhnya.

Wamenkeu juga berharap kondisi ini dapat menjadi fundamental yang baik untuk semester II-2022 dan tahun 2023 mendatang. Karena Indonesia akan menghadapi volatilitas yang lebih tinggi.sinpo

Komentar:
BONGKAR
Aplikasi Sinpo
POJOK SINPO
"Prabowo Harus Jadi Presiden"
"Mas Bowo harus jadi presiden, kali ini harus jadi dan harus menang."
Mantan Danjen Kopassus, Jenderal (Purn) Subagyo HS
BERITATERPOPULER
04