Dewan Pers SinPo

Jokowi Anugerahkan Bintang Mahaputera Utama ke Sastrawan Ajip Rosidi

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Jumat, 12 Agustus 2022 | 20:41 WIB
Sastrawan Ajip Rosidi (Ist)
Sastrawan Ajip Rosidi (Ist)

SinPo.id - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menganugerahkan tanda kehormatan Republik Indonesia kepada total 127 orang penerima dalam upacara Penganugerahan Tanda Kehormatan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia. Upacara penganugerahan tersebut digelar di Istana Negara, Jakarta, Jumat 12 Agustus 2022.

Tahun ini tanda kehormatan yang terdiri atas Bintang Mahaputera, Bintang Jasa, dan Bintang Budaya Parama Dharma dianugerahkan kepada para penerima dengan berdasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 64, 65, dan 66/TK/TH 2022. Keputusan Presiden tersebut ditetapkan di Jakarta pada tanggal 11 Agustus 2022.

“Sebagai penghargaan atas jasa-jasanya sesuai ketentuan syarat khusus dalam rangka memperoleh tanda kehormatan Bintang Mahaputera Pratama, Bintang Jasa, dan Bintang Budaya Parama Dharma sebagaimana diatur dalam Undang-Undang,” demikian bunyi kutipan Keputusan Presiden tersebut.

Penghargaan ini ke sejumlah anak bangsa terbaik yang berkontribusi bagi kemajuan Indonesia di bidangnya masing-masing. Penghormatan Bintang Mahaputera Utama diberikan kepada keluarga dari mendiang Ajip Rosidi.

Ajip Rosidi diketahui merupakan seorang sastrawan yang mulai mengumumkan karya sastra tahun 1952, dimuat dalam majalah-majalah terkemuka pada waktu itu seperti Mimbar Indonesia, Gelanggang/Siasat, Indonesia, Zenith, Kisah, dll. Menurut penelitian Dr. Ulrich Kratz, sampai dengan tahun 1983, Ajip adalah pengarang sajak dan cerita pendek yang paling produktif dengan 326 judul karya dimuat dalam 22 majalah.

Selain Ajip, Jokowi juga memberikan penghargaan Letjen TNI (Purn) Ida Bagus Purwalaksana, Inspektur Jenderal Kementerian Pertahanan 2019-2022, yang dianugerahi tanda kehormatan Bintang Jasa Utama. Alm. Prof. Dr. Mundardjito, arkeolog, yang dianugerahi tanda kehormatan Bintang Budaya Parama Dharma.

Lalu almh. dr. Carolina Rezeki Sihombing, dokter spesialis pada RSUD Kota Depok,  dan alm. Sunjaya, Kepala Puskesmas pada UPTD Puskesmas Sukatani, Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mewakili 98 penerima lainnya yang masing-masing dianugerahi tanda kehormatan Bintang Jasa Pratama.

Kemudian alm. Gugum Gumbira, seniman tradisi sunda, dan almh. Dewi Wikantini, bidan penyelia pada UPT Puskesmas Baktijaya Kota, Depok, Jawa Barat, mewakili 22 penerima lainnya yang masing-masing dianugerahi tanda kehormatan Bintang Jasa Nararya.sinpo

Komentar: