Pengamat: Restu Jokowi ke Pak Bowo untuk Maju di Pilpres Sangat Masuk Akal

Laporan: Sigit Nuryadin
Minggu, 14 Agustus 2022 | 11:34 WIB
Ketua Umum Prabowo Subianto ditetapkan Capres 2024 dalam Rapimnas Partai Gerindra di Sentul. Foto: SinPo.id/Ashar
Ketua Umum Prabowo Subianto ditetapkan Capres 2024 dalam Rapimnas Partai Gerindra di Sentul. Foto: SinPo.id/Ashar

SinPo.id - Pengamat Indikator Politik Indonesia, Bawono Kumoro, menilai, restu Presiden Joko Widodo kepada Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto untuk maju dalam pemilihan Presiden sangat masuk akal.

"Pilihan memberikan restu dan endorse kepada Prabowo Subianto sebagai presiden mendatang merupakan pilihan politik rasional bagi Presiden Joko Widodo," ujar Bawono kepada Sinpo.id, Minggu, 14 Agustus 2022.

Sebab, kata Bawono, Prabowo yang merupakan rival dari Jokowi saat dua Pilpres yang lalu, legowo mau menjadi Menteri di kabinetnya. Dan terlebih, dapat membuktikan kinerja dan loyalitas terhadap pemerintahan Jokowi-Maruf Amin.

"Meski pernah menjadi rival presiden Joko Widodo pada dua pemilihan presiden, tapi Prabowo Subianto telah membuktikan kinerja dan kesetiaan terhadap presiden selama menjadi menteri pertahanan di dalam kabinet pemerintahan Joko Widodo - Maruf Amin," jelasnya.

Lebih lanjut, Bawono mengungkapkan, temuan survei Indikator sepanjang tahun lalu hingga awal tahun ini, Prabowo memiliki elektabiltas dua digit mengungguli Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

"Menurut hasil temuan survei Indikator sepanjang tahun lalu dan awal tahun ini, Prabowo Subianto selalu masuk dalam tiga besar bakal calon presiden dengan elektabilitas dua digit tinggi selain juga Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo," ucap Bawono.

Untuk diketahui, dalam hal pilihan terhadap bakal calon presiden temuan survei periode 11-21 Ferbuari 2022 menujukkan pilihan dari responden dalam simulasi 33 nama bakal calon presiden posisi tiga besar secara berturut-turut ditempati oleh Prabowo Subianto (21.9 persen) Ganjar Pranowo (19.8 persen) dan juga Anies Baswedan (16.4 persen). Nama-nama bakal calon lain masih memiliki tingkat elektabilitas satu digit. 

Temuan serupa juga ditunjukkan dalam simulasi 19 nama bakal calon presiden. Posisi tiga besar kembali ditempati juga oleh nama Prabowo Subianto (22.4 persen) Ganjar Pranowo (21.6 persen) dan Anies Baswedan (17.1 persen). Nama-nama bakal calon lain masih memiliki tingkat elektabilitas satu digit.

Lalu dalam simulasi tiga nama survei periode ini tidak jauh berbeda dengan temuan survei bulan Desember lalu. Prabowo Subianto menempati posisi elektabilitas tertinggi (32.7 persen). Disusul Ganjar Pranowo (30.8 persen) dan Anies Baswedan (24.9 persen). 

Sebelumnya, Prabowo Subianto Resmi menyatakan siap maju sebagai Calon Presiden (Capres) di Pilpres 2024 mendatang. Hal ini ia nyatakan dalam forum Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Gerindra yang berlangsung pada 12 dan 13 Agustus kemarin, di Sentul International Convention Center (SICC), Jawa Barat.

 sinpo

Komentar: