Buka Street Race IV, Kapolda Metro Jaya: Stop Trek-trekan

Oleh: Ardi
Minggu, 04 September 2022 | 06:00 WIB
Balap jalanan di Kemayoran. Foto: Istimewa
Balap jalanan di Kemayoran. Foto: Istimewa

SinPo.id -  Ajang Street Race seri keempat dibuka di Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat pada Sabtu 3 September 2022. Acara dibuka oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran secara simbolis. 

“Selamat datang kembali dalam ikhtiar ekosistem Street Race Polda Metro Jaya. Ini gelaran Street Race yang keempat yang dilaksanakan oleh Polda Metro Jaya. Ini merupakan realisasi akan inovasi dan niat kami, bukan hanya sekadar wacana,” ujar Fadil Imran, dalam sambutannya di Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu 3 September 2022.

Menurut dia, Street Race Polda Metro Jaya di Kemayoran ini adalah pertama dan terbesar dalam sejarah drag race legal 500 meter di DKI Jakarta yang terlaksana di jalan umum dengan crowd yang luar biasa yang menyatukan semua kalangan dan penggemar balap.

Fadil Imran mengaku siap memfasilitasi hobi para pegiat balap jalanan apabila bisa bersikap kooperatif dengan kepolisian. Dia 
berharap pihak kepolisian bisa berkolaborasi dengan pemerintah daerah dan pihak terkait lainnya dalam memfasilitasi dan menyediakan lokasi khusus untuk para pegiat balap jalanan. Sehingga, lanjut Fadil, para pebalap jalanan dapat menyalurkan hobi secara resmi dan tidak lagi menutup jalan umum untuk balap liar di lokasi yang disediakan.

“Semoga ini bisa menyiarkan kepada komunitas dan koleganya, agar stop trek-trekan dan blokir jalan umum. Kalau teman-teman bersatu dan kooperatif, pasti kita akan fasilitasi. Ikhtiar dan inovasi ini belum selesai. Mimpi kami Polda Metro Jaya, kita dapat berkolaborasi menemukan lokasi yang menjadi fasilitas yang bisa digunakan setiap hari,” ujarnya.

Selain ajang Street Race, terdapat juga aktivitas tinju yang turut memeriahkan gelaran ajang Street Race. Fadil mengaku sedang mencoba apakah ekosistem ini juga bisa menjadi ajang sportainment. 

"Jadi, kombinasi antara drag race dan boxing kita berharap menjadi sportainment yang bisa menjadi kegiatan positif yang bermanfaat,” kata dia. 

Untuk diketahui, di acara pembukaan Street Race itu, Kapolda didampingi bersama dengan Direktur Utama Pusat Pengelolaan Kawasan (Dirut PPK) Kemayoran, Medi Kristanto dan perwakilan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat, Rifat Sungkar.sinpo

Komentar: