Massa Aksi Tolak Kenaikan BBM Padati Kawasan Patung Kuda

Laporan: Zikri Maulana
Senin, 05 September 2022 | 17:14 WIB
Suasana di sekitar Patung Kuda, Jakarta/SinPo.id
Suasana di sekitar Patung Kuda, Jakarta/SinPo.id

SinPo.id -  Sejumlah massa aksi penolakan kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) mulai berdatangan di Kawasan Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Senin 5 September 2022.

Pantauan SinPo.id di lokasi sekitar pukul 15.00 WIB, massa aksi berdatangan menggunakan beberapa bus dan sejumlah sepeda motor. Kemudian mereka melakukan Long March menuju kawasan Patung Kuda dengan membawa sejumlah atribut dan spanduk.

Dengan membentangkan spanduk bertuliskan " Bakal Bikin Melarat" Massa aksi dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dan beberapa aliansi mahasiswa memadati kawasan tersebut.

Disisi lain, sebagian masa aksi melakukan bakar ban di titik lampu lalu lintas kawasan tersebut. Terlihat sejumlah Polisi sudah berjaga dibalik kawat penjaga untuk mengamankan jalan nya aksi.

Arus lalu lintas sempat tersendat sementara. Sedangkan, lalu lintas menuju Istana Presiden ditutup kaawat berduri yang terpasang di Jalan Merdeka Barat, tepatnya di depan Gedung Sapta Pesona.

Sebelumnya diberitakan, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) akan menggelar aksi demonstrasi pada hari ini, Senin 5 September 2022 di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Ketua Umum PB PMII, Muhammad Abdullah Syukri menginstruksikan seluruh kadernya untuk hadir dalam aksi demonstrasi yang akan berlangsung mulai pukul 13.00 WIB hari ini. Menurutnya, kenaikan harga BBM bersubsidi mengganggu hajat hidup orang banyak.

"Kenaikan harga BBM akan berdampak buruk bagi masyarakat menengah kebawah. Hal ini dapat mempercepat inflasi yang tinggi dan meningkatkan jumlah orang miskin di Indonesia. Karena akan merambat ke seluruh sektor termasuk harga-harga komoditas kebutuhan dasar masyarakat," tutur Syukri dalam keterangannya, Senin, 5 September 2022.sinpo

Komentar: