Menyusul Kenaikan Harga BBM, Bantalan Sosial Harus Segera Didistribusikan

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 07 September 2022 | 18:17 WIB
Ilustrasi bansos
Ilustrasi bansos

SinPo.id - Pendataan masyarakat dalam kategori orang miskin harus segera dilakukan pemerintah, agar bantalan sosial melalui berbagai program bantuan dapat segera didistribusikan.

Anggota Komisi XI DPR RI, Charles Meikyansyah, mendesak pemerintah untuk mempercepat penyaluran subsidi, khususnya bagi pekerja di sektor-sektor yang terdampak langsung terhadap kenaikan BBM.

"Karena kenaikan BBM juga akan berdampak terhadap kenaikan berbagai komoditas kebutuhan lainnya,” kata Charles dalam keterangan tertulisnya, Rabu 7 September 2022.

Pihaknya juga mengingatkan pemerintah untuk lebih memperhatikan pekerja jasa transportasi umum, pelaku UMKM, nelayan atau pekerja di sektor perikanan, hingga pekerja di sektor pertanian dan pangan yang mengandalkan angkutan logistik.

"Nelayan pun mengalami kesulitan melaut karena biaya produksi meningkat, dan jasa ekspedisi lokal juga naik hingga 30 persen karena kenaikan harga BBM," ungkapnya.

Selain itu, masyarakat yang berada di atas garis kemiskinan dan tidak masuk radar bantuan langsung tunai (BLT) akibat dari pandemi Covid-19 juga harus dicatat.

Oleh sebab itu, pemerintah juga harus mengalokasikan Dana Desa, Dana Alokasi Umum, Bantuan Sosial, serta Belanja Tidak Tetap untuk jaring pengaman sosial rakyat miskin dan rentan miskin di seluruh daerah.

“Pemda harus bersinergi dengan seluruh elemen masyarakat dan pemangku kebijakan. Termasuk dengan menggandeng pihak swasta dengan pemanfaatan dana Corporate Social Responsibility (CSR)," tandasnya.

 sinpo

Komentar: