Dewan Pers SinPo

Pj Gubernur Pengganti Anies Baswedan Dibahas dalam Rapimgab Pekan Depan

Laporan: Zikri Maulana
Jumat, 09 September 2022 | 22:36 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (SinPo.id/Instagram)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (SinPo.id/Instagram)

SinPo.id - Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengatakan akan segera membahas tiga nama calon Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan dalam rapat pimpinan gabungan (rapimgab) yang digelar DPRD DKI Pekan depan. 

"Saya akan panggil Sekwan (Sekretaris DPRD) dulu untuk dijadwalkan," kata Prasetyo dalam keterangan tertulis, Jumat 9 September 2022. 

Menurut Prasetyo, mekanisme Rapimgab menjadi salah satu syarat untuk menjunjung tinggi asas kolektif kolegial yang ada di DPRD DKI Jakarta. 

"Seperti itu, intinya pekan depan (rapimgab), bisa sebelum atau sesudah paripurna pengumuman pemberhentian Gubernur," ujarnya. 

Adapun tiga nama calon kuat penjabat Gubernur DKI yang beredar di kalangan pewarta, merupakan nama-nama yang dianggap layak untuk menggantikan Anies. 

Ketiga nama tersebut adalah Kepala Sekretariat Kepresidenan Heru Budi Hartono, Sekretaris Daerah DKI Jakarta Marullah Matali, dan Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan Bidang Informasi dan Komunikasi Politik, Juri Ardiantoro.

Seperti diketahui, berdasarkan surat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang ditujukan kepada DPRD DKI Jakarta, tiga nama calon PJ Gubernur DKI Jakarta paling lambat harus sudah dikirimkan pada 16 September 2022, atau satu bulan sebelum masa jabatan Anies habis.

Prasetio menyebut Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian juga sudah menyatakan calon Pj Gubernur DKI yang diajukan ke Presiden Joko Widodo nantinya berjumlah enam orang.

Adapun, enam nama calon itu akan diusulkan dua pihak, tiga dari DPRD DKI Jakarta dan tiga dari Kemendagri. sinpo

Komentar: