Demo Tolak BBM Naik, Aliansi Buruh Mahasiswa dan Pelajar Geruduk Istana

Laporan: Zikri Maulana
Selasa, 13 September 2022 | 15:21 WIB
Unjuk rasa tolak kenaikan BBM (SinPo.id)
Unjuk rasa tolak kenaikan BBM (SinPo.id)

SinPo.id - Unjuk rasa menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) masih bergulir. Saat ini sejumlah elemen buruh, mahasiswa dan pelajar menggelar aksi di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Selasa 13 September 2022.

Pantauan SinPo.id, di lokasi sekitar pukul 14:00 WIB, Aliansi dari Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak), Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI), Aliansi Mahasiswa dan Pelajar sudah mulai memadati titik aksi.

Masa aksi dari persatuan buruh mengenakan atribut merah membentang spanduk-spanduk bertuliskan tuntutan penolakan kenaikan BBM serta nampak sejumlah bendera dan poster.

"Buruh, tani, mahasiswa, pelajar bersatu," sorak salah satu orator di lokasi.

Juru Bicara Gebrak Nining Elitos menyampaikan, setidaknya ada tiga tuntutan yang disampaikan dalam gelaran aksi tersebut.

“Desakkan kami adalah pertama batalkan kenaikan BBM, turunkan harga-harga, terus kemudian cabut Omnibus Law UU Cipta Kerja, termasuk juga membatalkan revisi RKUHP,” kata Nining dilokasi, Selasa 13 September 2022.

Sedangkan untuk jumlah masa aksi, Nining menuturkan, sekitar 10.000 massa yang terjun kali ini dari persatuan buruh, mahasiswa dan pelajar.

"Ini semua mahasiswa banyak yang belum datang. Karena kita nanti semua elemen, semua kelompok akan bersama. Mereka masih dalam perjalanan," tuturnya.

Sementara itu, arus lalu lintas menuju Istana Negara ditutup kawat berduri beserta water barier, nampak pula personil kemanan bersiaga dibalik pagar pembatas jalan tersebut. sinpo

Komentar: