Demo di Patung Kuda Berjalan Damai, Pangdam Jaya: Tanda Kita Dewasa Berdemokrasi

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Rabu, 14 September 2022 | 07:59 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran dan Pangdam Jaya Mayjen Untung Budiharto (SinPo.id/Humas PMJ)
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran dan Pangdam Jaya Mayjen Untung Budiharto (SinPo.id/Humas PMJ)

SinPo.id -  Sejumlah massa mahasiswa dan buruh menggelar aksi demo menolak kenaikan harga BBM di Patung Kuda, Jakarta Pusat, Selasa, 13 September 2022. Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan Pangdam Jaya Mayor Jenderal TNI Untung Budiharto menyebut situasi unjuk rasa berlangsung dengan kondusif.

Pangdam Jaya Mayor Jenderal TNI Untung Budiharto mengapresiasi massa aksi yang menggelar aksi unjuk rasa hari ini. Penyampaian aksi unjuk rasa yang tertib merupakan bentuk kedewasaan demokrasi di Indonesia.

"Kita menandai kedewasaan demokrasi kita. Kita harus salut kita harus bangga, karena kita semuanya memiliki itu semua. Kita harapkan aksi unjuk rasa yang akan dilaksanakan juga bisa dilaksanakan dengan damai agar Indonesia ke depan bisa terus maju," kata Untung.

Sementara itu, Fadil menyebut, meskipun situasi unjuk rasa sempat memanas, namun masih bisa diatasi dan dikendalikan.

"Ini semua untuk kemajuan dan kebesaran bangsa kita, bahwa dalam menyampaikan pendapat kita bisa dewasa, kita semua bisa menahan diri, kita semua bisa sabar," kata Fadil.

"Mudah-mudahan ke depan, nggak lagi contoh seperti walaupun melibatkan banyak massa tapi situasi masih bisa kita kendalikan," imbuhnya.

Secara keseluruhan, sambung Fadil, massa aksi yang bisa menyampaikan pendapatnya dengan tertib. Hal tersebut ke depan bisa menjadi contoh.

"Adik-adik mahasiswa telah menyampaikan pendapatnya dengan tertib, ini bisa menjadi contoh pada kita semua ke depan bahwa kalau menyampaikan pendapat dilaksanakan dengan tertib, dengan penuh kesabaran. Saya kira akan berjalan dengan aman dan kondusif," ujarnya.sinpo

Komentar: