Kemendagri Verifikasi 3 Nama Calon Pj Gubernur DKI

Laporan: Zikri Maulana
Rabu, 14 September 2022 | 17:05 WIB
Staf Khusus Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Bidang Politik dan Media, Kastorius Sinaga/SinPo.id
Staf Khusus Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Bidang Politik dan Media, Kastorius Sinaga/SinPo.id

SinPo.id -  Kementerian dalam Negeri (Kemendagri) menerima berkas tiga nama calon Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan dari Ketua DPRD DKI, Prasetyo Edi Marsudi pada Rabu 14 September 2022. 

Staf Khusus Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Bidang Politik dan Media, Kastorius Sinaga mengatakan, pihaknya akan melakukan verifikasi terlebih dahulu terhadap berkas ketiga nama kandidat Pj Gubernur usulan dari DPRD tersebut. 

"Memang kita tampung karena mekanismenya nanti ini akan semuanya diverifikasi dahulu persyaratan formilnya, administrasinya, lalu nanti akan dibawakan Bapak Mendagri diusulkan," ujar Kastorius di Kantor Kemendagri, Rabu 14 September 2022. 

Menurut Kastorius, nantinya ketiga usulan dari DPRD tersebut akan dibawa ke dalam Sidang tim penilai akhir (TPA) yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo bersama lembaga terkait, bersamaan dengan tiga nama lain yang diusulkan Kemendagri. 

"Di mekanisme yang ada nanti, Bapak Presiden memimpin langsung pembahasan bersama lembaga atau kementerian terkait untuk diputuskan karena kewenangannya ada di Presiden," tuturnya. 

Diketahui sebelumnya, Ketua DPRD DKI, Prasetyo Edi Marsudi menyerahkan berkas tiga nama calon Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan ke Kementerian dalam Negeri (Kemendagri) pada Rabu 14 September 2022. 

Pras sapaan akrab Prasetyo mengatakan, berkas ketiga nama yang telah ditandatangani oleh sembilan pimpinan Fraksi di DPRD DKI Jakarta tersebut diserahkan kepada kemendagri untuk kemudian ditindaklanjuti. 

"Saya menyerahkan berkas yang kemarin sudah saya bahas, tiga nama itu hari ini sudah diterima, ini tanda terimanya. Saya jelaskan, saya serahkan untuk ditindaklanjut," kata Pras, di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Rabu 14 September 2022.
sinpo

Komentar: