Waketum Gerindra Buka Peluang Jokowi Jadi Cawapres Pak Bowo di 2024

Laporan: Sigit Nuryadin
Rabu, 14 September 2022 | 20:08 WIB
Habiburokhman/SinPo.id
Habiburokhman/SinPo.id

SinPo.id -  Waketum Partai Gerindra Habiburokhman membuka peluang untuk Joko Widodo atau Jokowi menjadi Cawapres pendamping Prabowo Subianto di Pilpres 2024 mendatang.

"Ya kalau kemungkinan ya ada saja, dan secara konstitusi kan dipertegas oleh Mahkamah Konstitusi (MK). Tanpa putusan MK juga kan sudah jelas bisa," ujar Habiburokhman kepada wartawan di Gedung DPR RI, Rabu 14 September 2022.

Habiburokhman mengatakan, walapun secara aturan tidak melanggar, tetapi keputusan tersebut bukan kewenangan dirinya, melainkan keputusan pada Ketua Umum Prabowo Subianto.

"Kalau secara konstitusi memungkinkan tapi dalam konteks politik, itu bukan kewenangan saya, kewenangan ada di Pak Prabowo Ketua Partai Gerindra," ucapnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, jika partainya saat ini belum menentukan sosok yang menjadi pasangan Menteri Pertahanan tersebut.

"Sedang dalam proses, ya. Pada saatnya akan diumumkan," kata Habiburokhman.

Diketahui, Juru Bicara MK Fajar Laksono mengatakan tak ada peraturan yang melarang hal tersebut. 

Namun lebih kepada etika politik jika presiden dua periode ingin menjadi wakil presiden di periode selanjutnya.

"Kalau itu secara normatif boleh saja. Tidak ada larangan, tapi urusannya jadi soal etika politik saja menurut saya," kata Fajar dilansir dari laman CNNIndonesia.com, Senin 12 September 2022.sinpo

Komentar: