Berisi Ratusan Mayat, Kuburan Massal Ditemukan di Izium Ukraina

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 16 September 2022 | 16:46 WIB
Kuburan massal di Izium, Ukraina (SinPo.id/AP Images)
Kuburan massal di Izium, Ukraina (SinPo.id/AP Images)

SinPo.id - Sebuah kuburan massal dengan lebih dari 440 mayat ditemukan di Izium, di wilayah timur laut Ukraina, tempat pasukan Rusia digulingkan beberapa hari lalu.

Kepala penyelidik polisi untuk wilayah Kharkiv, Serhiy Bolvinov mengatakan, situs itu merupakan pemakaman terbesar di kota tersebut.

"Beberapa meninggal karena tembakan artileri, beberapa meninggal karena serangan udara," kata Bolvinov, seperti dilansir dari VoA, Jumat 16 September 2022.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, yang baru-baru ini mengunjungi wilayah tersebut, menyatakan bahwa Rusia bertanggung jawab atas penemuan kuburan massal tersebut.

"Rusia meninggalkan kematian di mana-mana dan harus bertanggung jawab," kata Zelenskyy dalam video pidatonya pada Kamis malam.

Selain itu, Ukraina dan sekutu Baratnya menuduh pasukan Rusia melakukan kejahatan perang di sana. Namun Rusia membantah menargetkan warga sipil atau melakukan kejahatan perang.

Seperti diketahui, Ukraina berhasil melakukan serangan balasan dan mendorong pasukan Rusia dari wilayah tersebut. Seorang pejabat Ukraina bahkan mengatakan bahwa Rusia meninggalkan sejumlah amunisi dan peralatan perang di sana.sinpo

Komentar: