Jajal Mobil Listrik Milik Dishub, Wagub DKI Ingin Masyarakat Beralih ke Kendaraan Listrik

Laporan: Zikri Maulana
Sabtu, 17 September 2022 | 15:13 WIB
Mobil listrik. Foto: Dok. Pemprov DKI Jakarta
Mobil listrik. Foto: Dok. Pemprov DKI Jakarta

SinPo.id - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria memimpin Upacara Peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Tingkat Provinsi DKI Jakarta Tahun 2022 di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Sabtu 17 September 2022. Pada momen tersebut, Ia mengajak masyarakat beralih dari penggunaan kendaraan pribadi ke kendaraan umum. 

"Mari kita beralih menggunakan transportasi umum," kata Riza dalam keterangan tertulis, Sabtu 17 September 2022. 

Pada kesempatan itu, Riza didampingi Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo, juga sempat mencoba kendaraan listrik milik Dishub DKI. Ia turut mensosialisasikan serta mengajak masyarakat beralih ke mobil listrik. 

"Dan juga mulai beralih dari BBM yang selama ini kita gunakan dengan kendaraan listrik. Insya Allah, dengan demikian juga bisa mengurangi biaya operasional bagi seluruh jajaran Pemprov dan seluruh masyarakat, juga meningkatkan program langit biru," ujarnya. 

Lebih jauh, Politisi Partai Gerindra itu, turut menyoroti peringatan Hari Perhubungan Nasional Tahun 2022 yang mengambil tema ‘Bangkit Maju Bersama’. Menurutnya, bangkit bersama akan sulit dicapai tanpa persatuan. 

"Ibarat kata pepatah, ‘Sebatang lidi akan mudah dipatahkan, tapi segenggam lidi akan sulit diruntuhkan’. Begitu juga seluruh stakeholders harus berkolaborasi, bahu-membahu untuk membangkitkan kembali sektor transportasi, tentu dengan perannya masing-masing. Semuanya demi untuk menopang berbagai sektor kehidupan masyarakat yang akan berdampak pada terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur, sesuai cita-cita kita bersama," ujarnya. 

Seperti diketahui, Pemprov DKI Jakarta telah mengoperasikan ragam moda transportasi yang terintegrasi di bawah payung JakLingko, yakni bus reguler dan bus listrik Transjakarta, MRT Jakarta, LRT Jakarta, mikrotrans, dan menyediakan jalur sepeda sebagai bagian dari strategi mengendalikan pencemaran udara yang masif akibat transportasi darat di masa depan.

 sinpo

Komentar: