Dewan Pers SinPo

Kemenkop dan UKM Tuding Kelalaian Kemenkumham Jadi Penyebab Maraknya Pinjol Ilegal Bekedok KSP

Laporan: Tri Bowo Santoso
Sabtu, 17 September 2022 | 17:36 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

SinPo.id - Pengawas Koperasi Ahli Madya Kementerian Koperasi dan UKM, Masyrifah, mengungkapkan, saat ini banyak bermunculan perusahaan pinjaman online (pinjol) ilegal dengan menggunakan badan hukum Koperasi Simpan Pinjam (KSP).

Fakta tersebut, menurut Masyrifah, membuktikan bahwa Kementerian Hukum dan HAM kecolongan dalam melakukan verifikasi data perizinan pendirian KSP.  

“Karena sekarang semua izin (KSP) secara penuh dari Kemenkumham. Sehingga, banyak kecolongan dari sana,” ujar Masyirifah, Sabtu, 17 September 2022.

Masyrifah mengungkapkan, dari pengaduan yang telah masuk sampat saat ini, dari 32 pengaduan terhadap KSP yang menjalankan bisnis pinjol ilegal 9 di antaranya berbadan hukum.

Mereka diketahui, yaitu, KSP Harpendiknas Tangerang, KSP Sukses Inti Terdepan Indonesia, KSP Sumber Utomo Karimun Abadi, KSP Bintang Sejahtera Nusantara, KSP Dana Senja, KSP Orion Terapan Ergonomis, KSP Usaha Orion Era Dinamis, KSP Pulau Bidadari Indonesia, dan KSP Indocitra Sejahtera, jelas Masyrifah.

“Sementara lainnya setelah saya cek, semuanya fiktif. Kebanyakan ada alamat karena sewa kantor saja, tapi dalamnya kosong, tidak ada pengurusnya dan siapapun tidak bisa dihubungi,” bebernya.

Dirjen AHU Kemenkumham kemudian didesak untuk lebih memperkuat koordinasi bersama Kemenkop UKM dalam mengeluarkan izin atas pendirian KSP. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi peredaran KSP yang menjalankan bisnis pinjol ilegal.

“Harusnya ada koordinasi dengan Kemenkop UKM, untuk ada periode pengawasan terlebih dahulu apakah (pemberian izin) KSP tersebut layak atau tidak,” tandasnya.

 sinpo

Komentar:
Aplikasi Sinpo
POJOK SINPO
Koran Sin Po edisi 14 Januari 1939 menulis berita “Super Microscoop”. Laporan tekhnologi itu menyebutkan laboratorium Jtlectron-Optisch dari Siemens & Halske di Duitschland telah telah mengumumkan satu temuan tekhnologi yang mampu melihah micro-organisme dan benda micro-inorganisch yang disebut alat super-microscoop.
- Koran Sin Po
BERITATERPOPULER