Dewan Pers SinPo

Demokrat Mau Koalisi dengan NasDem-PKS, Asalkan Sudah Sepakat Nama Capres-Cawapres

Laporan: Sigit Nuryadin
Senin, 19 September 2022 | 09:54 WIB
Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra
Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra

SinPo.id - Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan koalisi antara partainya, NasDem, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan dideklarasikan ketika semua hal substansial sudah disepakati.

Menurut Herzaky, dapat dikatakan ketiga partai sudah setuju membentuk koalisi. Meski begitu, mereka harus menyepakati beberapa hal krusial  Demokrat Mau Koalisi dengan NasDem-PKS, Asalkan sudah sepakat nama Capres-Cawapres terlebih dahulu sebelum melakukan deklarasi.

“Yang pasti, Mas Willy (Ketua DPP NasDem) kemarin sempat menyampaikan, tinggal kesepakatan saja sebenarnya,” ujar Herzaky saat ditemui seusai acara diskusi Jangan Main Kayu dalam Demokrasi di Bakoel Koffie Cikini, Jakarta, Minggu, 18 September 2022.

Ia menjelaskan, Demokrat, NasDem, dan PKS harus menyepakati mengenai visi-misi, program pemenangan, dan pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang akan diusung.

Herzaky mengungkapkan, mereka tak ingin melakukan deklarasi namun belum punya apa-apa untuk ditawarkan kepada mayarakat. Ia menegaskan, ketiga partai tak ingin hanya melanjutkan kerja pemerintahan sebelumnya.

“Kami tidak ingin deklarasi-deklarasi saja, tapi eh capresnya siapa nih, cawapres siapa nih? Nanti ngapain nih? Ya kan nggak seperti itu, enggak bisa hanya ya kita hanya lanjutan masa lalu, atau lanjutkan yang sekarang misalnya. Hanya bicara itu, kan enggak substantif itu. Kita maunya clear semuanya baru deklarasi,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan, saat ini Majelis Tinggi Partai sebagai pembuat keputusan, belum melakukan pembicaraan mengenai nama capres dan cawapres yang akan diusung Demokrat. 

"Nah, di majelis tinggi partai belum ada pembahasan mengenai ini. Yang ada baru berbicara mengenai kriteria. Kriteria rekan koalisi, kriteria capres dan cawapres yang akan kami usung," jelas Herzaky.

 sinpo

Komentar: