Sekjen PBB Dipastikan Hadiri KTT G20 di Bali

Laporan: Sinpo
Senin, 19 September 2022 | 10:54 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) Antonio Guterres. Foto:Istimewa
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) Antonio Guterres. Foto:Istimewa

SinPo.id - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) Antonio Guterres dipastikan hadiri KTT G20 di Bali pada 15-16 November mendatang.

Konfirmasi itu berdasarkan hasil pertemuan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dengan Guterres di Markas Besar PBB di New York, Amerika Serikat. Pertemuan itu bagian dari rangkaian kunjungan kerja Retno pada High Level Week (HLW) Sidang Majelis Umum (SMU) PBB ke-77.

​Sidang ke-77 Majelis Umum PBB dibuka pada 13 September 2022. Bertema A Watershed Moment: Transformative Solutions to Interlocking Challenges", HLW berlangsung tanggal 20 hingga 26 September 2022 di markas besar PBB di New York, Amerika Serikat.

Pertemuan dengan Sekjen PBB membahas berbagai isu global yang menjadi perhatian bersama, termasuk Presidensi Indonesia di G20. Retno juga sampaikan mengenai pentingnya KTT G20 dapat menghasilkan kerja sama konkret yang bermanfaat bagi dunia.

Dalam keterangan yang dikutip dari Kemlu pada Senin, 19 September 2022, Retno dan Guterres juga turut melakukan tukar pikiran mengenai perkembangan situasi di Myanmar.

Keduanya memiliki keprihatinan dan kekecewaan yang sama terhadap junta militer Myanmar yang tidak menunjukkan komitmen untuk lima poin konsensus yang dimandatkan oleh Pemimpin ASEAN pada April 2021. Guterres sampaikan kembali dukungannya terhadap lima poin konsensus ASEAN.

Retno dan Guterres sepakat untuk meningkatkan komunikasi dan koordinasi mengingat Indonesia akan menjadi Ketua ASEAN pada tahun 2023. 

 sinpo

Komentar: