Dewan Pers SinPo

NasDem Sebut Pembahasan Koalisi dengan Demokrat-PKS Sudah 80 Persen

Laporan: Sigit Nuryadin
Senin, 19 September 2022 | 21:51 WIB
Ketua DPP NasDem, Willy Aditya (SinPo.id/Sigit)
Ketua DPP NasDem, Willy Aditya (SinPo.id/Sigit)

SinPo.id - Ketua DPP NasDem, Willy Aditya menuturkan, saat ini peluang PKS, Demokrat, NasDem untuk berkoalisi sudah mendekati kesepakatan.

"Peluangnya ya sejauh ini komunikasi bagus lah. (80 persen) Bisa jadi, kalau kesepakatan beberapa hal terpenuhi," ujar Willy saat ditemui di ruangan fraksi NasDem, Senin 19 September 2022.

Ia mengungkapkan, alasan Demokrat, PKS dan NasDem tak kunjung berkoalisi. Willy mengatakan, NasDem dengan kedua partai itu belum pernah menjalin kerjasama, sehingga membutuhkan proses pencocokan dua layer diantara ketiga partai itu.

"Satu, kami belum pernah bekerja sama sebelumnya. Tentu ini nggak bisa kawin paksa kan, tentu proses pembangunan chemistry di 2 ranah, ranah antarpartai, ranah antara kandidat dengan partai, itu tidak sederhana itu," ucapnya.

Willy menambahkan, pencocokan kedua layer tersebut harus berjalan bersamaan. Sehingga itu menjadi ganjalan masing-masing partai.

"Dua layer ini harus berjalan secara simultan. Itu yang beratnya itu, ada orang yang kadang kadang misal kita contoh, tetangga, langsung partainya saja. Itu kan 1 layer, sementara ini bekerja dalam 2 ranah lah, 2 dunia, 2 alam, capres-cawapresnya dan partainya," kata Willy.

Lebih jauh, kata Willy, dalam pembahasan koalisi partainya bukan hanya membicarakan visi, namun juga membahas permasalahan kebangsaan. Setelah menemukan titik persamaan, pembahasan calon akan berlanjut.

"Bukan hanya visi, berangkat dari problem, habis itu baru kita bersepakat apa yang harus kita lakukan, abis itu baru oh kalau begini siapa yang cocok," tukasnya.sinpo

Komentar: