Mantan Menag Nilai Azyumardi Azra Sosok Sufi

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 20 September 2022 | 07:43 WIB
Mantan Menag Lukman Hakim Saifuddin (SinPo.id/Anam)
Mantan Menag Lukman Hakim Saifuddin (SinPo.id/Anam)

SinPo.id - Mantan Menteri Agama (Menag) RI Lukman Hakim Saifuddin menyebut Azyumardi Azra merupakan sosok cendikiawan muslim sejati.

Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu disebut selalu konsisten dan sangat istikomah untuk tetap menekuni dunia akademik. Menurutnya itu terbukti dari kiprah beliau sampai akhir hayatnya.

"Tapi yang pasti semua orang mengatakan bahwa beliau itu cendikiawan sejati, akademisi tulen," ujar Lukman Hakim saat ditemui di Ciputat, Tangerang Selatan, Senin 19 September 2022.

Lukman menambahkan, sosok Azyumardi Azra tidak pernah tergoda jabatan-jabatan di birokrasi atau di organisasi politik serta wilayah-wilayah politik praktis.

Selain itu, Azyumardi Azra juga disebut sebagai sosok sufi dalam artian beliau sudah tidak lagi silau dengan materi. Padahal, menurutnya kesempatan itu sangat banyak.

"Beliau adalah orang yang sudah selesai dengan dirinya, menurut saya. Jadi karena sudah selesai dengan dirinya, selalu orientasinya itu keluar kepada orang banyak sehingga beliau sama sekali tidak silau, tidak terpukau dengan materi," ujarnya.

"Beliau tetap berorientasi bagaimana keindonesiaan, bagaimana agama itu betul betul bisa berkontribusi secara positif bagi bangsa indonesia dan bagi dunia," tandasnya.

Seperti diketahui, Azyumardi Azra mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia pada Minggu pukul 12.30 waktu setempat.

Mantan Rektor UIN Jakarta itu berpulang setelah sempat dirawat sejak Jumat 16 September 2022 akibat gangguan kesehatan yang dialami saat melakukan kunjungan kerja ke Malaysia.

Rencananya Azyumardi Azra akan dimakamkan di taman makam pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.sinpo

Komentar: