Dewan Pers SinPo

5 Kawasan di Bali Masuk Prioritas Pengamanan KTT G 20

Oleh: Ardi
Kamis, 22 September 2022 | 12:18 WIB
Asops Kapolri Irjen Agung Setya Imam Effendi (Ist)
Asops Kapolri Irjen Agung Setya Imam Effendi (Ist)

SinPo.id -  Lima kawasan di Bali menjadi prioritas pengamanan selama penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 15-16 November 2022. Yaitu, Seminyak, Jimbaran, Nusa Dua Utara, Nusa Dua Selatan, dan Sanur.

"(Lima kawasan itu,-red) diprioritaskan karena semua kegiatan delegasi maupun presiden akan berlangsung di sana" kata Asisten Operasi (Asops) Kapolri Irjen Pol. Agung Setya Imam Effendi dalam keterangannya pada Kamis 22 September 2022.

Menurut dia, operasi pengamanan selama KTT G20 akan dilakukan secara terpusat. Artinya, operasi kepolisian diselenggarakan mulai dari Mabes Polri sampai ke tingkat kewilayahan di Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pasukan yang bertugas untuk KTT G20 akan berdinas selama 10 hari, mulai 7-17 November 2022. Hingga ini, katanya, polisi telah menyiapkan lebih dari 5.000 personel untuk operasi pengamanan KTT G20, sedangkan jumlah polisi yang menjadi pasukan cadangan sebanyak 1.600 orang. Jumlah pasukan yang dikerahkan dapat bertambah menyesuaikan perkembangan situasi dan kondisi di lapangan, tambahnya.

"Polri juga menyiapkan kendaraan khusus berupa kapal, helikopter dan mobil pengawalan," kata dia. 

Nantinya, seluruh kendaraan bermotor yang digunakan kepolisian selama operasi pengamanan KTT G20 juga akan menggunakan energi listrik. Sesuai dengan arahan KTT G20 di bawah Presidensi Indonesia mendorong penyelenggaraan yang ramah lingkungan, sehingga semua kendaraan listrik yang digunakan adalah kendaraan listrik. 
Kepolisian menyiapkan rekayasa lalu lintas di 10 ruas jalan serta memasang 4.600 kamera pengawas (CCTV) yang terhubung dengan Command Center Polri.

"Kami menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan mulai dari checkdoor, X-ray, kendaraan, kendaraan khusus untuk penanganan khusus," ujar Agung Setya.

Untuk diketahui, KTT G20 di Nusa Dua, Badung, Bali, merupakan acara puncak dari rangkaian kegiatan G20 yang telah berlangsung sejak Desember 2021. Pada acara puncak itu, pemimpin negara anggota G20 diagendakan menyepakati sejumlah rekomendasi dan usulan yang telah dirancang di pertemuan tingkat menteri dan kelompok kerja G20, baik dari Finance Track maupun Sherpa Track.sinpo

Komentar:
BONGKAR
Aplikasi Sinpo
POJOK SINPO
“Karena perasaan sayangnya kepada sang istri, Ong Ki No rela pergi berkeliling mencari kacang kedelai, bahan baku utama tahu”
Penulis, M.Luthfi Khair A. dan Rusydan Fathy
BERITATERPOPULER
06
07
NasDem Resmi Usung Anies Jadi Capres 2024

GALERI | 2 hari yang lalu