Dewan Pers SinPo

Program Pembagian Kompor Induksi Masuk Tahap Uji Coba

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 22 September 2022 | 17:27 WIB
Kompor induksi atau listrik
Kompor induksi atau listrik

SinPo.id - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif, mengatakan program pembagian kompor induksi saat ini mulai masuk tahap uji coba.

"Ya sekarang sedang diuji coba oleh PLN untuk beberapa daerah ya, diuji coba dulu," kata Arifin, kepada wartawan, di Kompleks DPR RI, Jakarta, Kamis 22 September 2022.

Menurutnya, program tersebut dicanangkan untuk meningkatkan demand (permintaan), karena apabila demand naik, makan serapannya juga akan naik.

"Nanti tinggal respons daripada pasar, kalau ini pasarnya responsnya bagus otomatis demandnya juga naik," ungkapnya.

Selain itu, kata Arifin, dengan adanya program induksi, over supply listrik dapat tersalurkan, dan untuk pengurangan terhadap penggunaan gas LPG bersubsidi.

"Ya untuk menyalurkan over supply. Kan kalau over supply harus bayar take or pay ya, kan, nah ini kan beban," tandasnya.

Seperti diketahui, kompor induksi digunakan untuk mereduksi surplus listrik PLN yang mencapai lebih dari 30 persen. Karena kondisi kinerja keuangan PLN cukup tertekan.sinpo

Komentar:
BONGKAR
Aplikasi Sinpo
POJOK SINPO
“Karena perasaan sayangnya kepada sang istri, Ong Ki No rela pergi berkeliling mencari kacang kedelai, bahan baku utama tahu”
Penulis, M.Luthfi Khair A. dan Rusydan Fathy
BERITATERPOPULER
07
NasDem Resmi Usung Anies Jadi Capres 2024

GALERI | 2 hari yang lalu

08