Kodam Jaya Siagakan Ribuan Personil untuk Pengamanan Unjuk Rasa Massa Reuni 212

Laporan: Tri Bowo Santoso
Jumat, 23 September 2022 | 13:05 WIB
Apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan unjuk rasa massa Reuni 212. Foto: Dok. Kodam Jaya
Apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan unjuk rasa massa Reuni 212. Foto: Dok. Kodam Jaya

SinPo.id -  Kodam Jaya menyiagakan 1.290 personel atau hampir 13 SSK pada apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan unjuk rasa massa Reuni 212, yang rencananya digelar di sekitar Monas, Patung Kuda dan Gedung DPR/MPR RI, Jumat, 23 September 2022.

Personel gabungan Kodam Jaya akan ditempatkan pada titik lokasi unjuk rasa, antara lain, di sekitar Monas, Patung Kuda dan Gedung DPR/MPR RI yang diperkirakan menjadi titik konsentrasi massa.

Terkait aksi unjuk rasa tersebut, Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Untung Budiharto memberikan arahan kepada pasukan untuk kedepankan sikap persuasif dan humanis dalam pengamanan aksi unjuk rasa.

Pangdam Jaya juga mengingatkan kepada peserta apel gelar pasukan, agar jangan terpancing tindakan provokatif sehingga bertindak represif dan menggunakan kekerasan. 

"Tunjukan sikap santun dan hindari konflik yang berujung pada tuduhan pelanggaran hak asasi manusia," ujar Pangdam Jaya.

“Saya instruksikan kepada para Dansat/Danyon, tidak ada satupun anggota yang membawa peluru tajam dalam pengamanan aksi unjuk rasa," sambung Pangdam Jaya.

Demonstrasi yang di gelar massa Reuni 212 akan menyuarakan tuntutan kepada pemerintah dan Kepolisian RI tentang penolakan subsidi harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dan penegakan keadilan kasus hukum KM 50 yang akan diorasikan di depan Gedung DPR/MPR RI.

Akhiri pengarahannya Pangdam Jaya menyemangati para peserta apel dengan mengatakan, "Saya akan pantau perkembangan situasi dilapangan, Kita bersama Polri yakinkan ibukota tertib dan aman," tutupnya.

Beberapa pejabat yang mendampingi Pangdam Jaya dalam apel gelar pasukan diantaranya Asintel Kasdam Jaya, Asops Kasdam Jaya, Danpomdam Jaya, Dandim 0501/JPBS, Danbringkav 1/LA, Danbrigif Mekanis 1 PIK/JS, Danmenarhanud 1/F, Kapendam Jaya dan Para Danyon Jajaran Kodam Jaya.sinpo

Komentar: