Dewan Pers SinPo

GP Mania Dukung Pak Bowo, Kode Keras Ada Endorse Jokowi

Laporan: Bayu Primanda
Sabtu, 24 September 2022 | 21:08 WIB
Ketua GP Mania, Immanuel Ebenezer/Youtube: Macan Idealis
Ketua GP Mania, Immanuel Ebenezer/Youtube: Macan Idealis

SinPo.id -  Peneliti Indikator Politik Indonesia, Bawono Kumoro menanggapi polemik di internal PDI Perjuangan soal nama Calon Presiden 2024.

Menurutnya, merapatnya suara GP Mania ke jika Prabowo Subianto, menandakan adanya endorse dari sosok Joko Widodo.

"Statement Ketua GP Mania, Immanuel Ebenezer mengatakan apabila Ganjar Pranowo nanti tidak memperoleh tiket pencalonan dari PDI Perjuangan, maka GP Mania akan mendukung Prabowo Subianto merupakan pertanda jelas kecenderungan arah dari dukungan Presiden Joko Widodo," kata Bawono saat dikonfirmasi, Sabtu, 24 September 2022.

GP Mania yang notabene merupakan alumni pendukung Jokowi selama 2 periode, menjadi satu kekuatan penting bagi relawan yang menghendaki adanya keberlanjutan dari hasil kerja Jokowi selama ini.

"Meski pernah menjadi rival presiden Joko Widodo pada dua pemilihan presiden tapi Prabowo Subianto telah membuktikan kinerja dan kesetiaan terhadap presiden selama menjadi menteri pertahanan di dalam kabinet pemerintahan Joko Widodo-Maruf Amin," ungkap Bawono.

Bawono tak memungkiri jika pilihan memberikan endorse kepada Prabowo Subianto sebagai presiden selanjutnya, merupakan pilihan politik rasional bagi Presiden Joko Widodo.

Sementara keputusan GP Mania mendukung Prabowo, tentu berdasarkan hasil kajian mendalam yang telah lebih dulu dikonsultasikan langsung ke Jokowi.

"Sebagai salah satu relawan utama Joko Widodo dalam dua pemilihan presiden terdahulu tentu saja tidak mungkin apa disampaikan oleh GP Mania tersebut tanpa terlebih dahulu dikomunikasikan dengan Presiden Joko Widodo," kata Bawono.

Relawan Ganjar Pranowo Mania (GP Mania) akan mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dalam kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 jika Ganjar tak dipilih PDI-P menjadi calon presiden (capres).

“Kita lihat pemimpin yang terbaik untuk bangsa ini dan teruji. Kita akan pilih Pak Prabowo,” tutur Ketua GP Mania Immanuel Ebenezer atau Noel kepada wartawan, Sabtu, 24 September 2022.

Noel memandang, Prabowo adalah figur yang teruji untuk meneruskan kepemimpinan Presiden Joko Widodo.
sinpo

Komentar: