Tim Dokter KPK Diajak Cek Langsung Kondisi Kesehatan Lukas Enembe di Papua

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 26 September 2022 | 18:48 WIB
Kuasa hukum Gubernur Papua Lukas Enembe, Stefanus Roy Rening (SinPo.id/Anam)
Kuasa hukum Gubernur Papua Lukas Enembe, Stefanus Roy Rening (SinPo.id/Anam)

SinPo.id - Tim dokter Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diajak untuk melihat langsung kondisi kesehatan Gubernur Papua Lukas Enembe yang sedang sakit.

Kuasa hukum Gubernur Papua Lukas Enembe, Stefanus Roy Rening memastikan tidak ada rekayasa yang dibuat terkait dengan penyakit yang diderita Lukas Enembe.

"Saya mengajak kepada tim dokter KPK untuk sama-sama kita ke Papua untuk memastikan, melihat kondisi pak Gubernur supaya jangan ada dusta diantara kita," ujar Stefanus Roy di Gedung KPK Jakarta, Senin26 September 2022.

Stefanus Roy juga tidak ingin adanya narasi dipublik yang menyebut pihaknya menghalang-halangi penyidikan yang dilakukan lembaga antirasuah. Maka dari itu, ia akan meminta supaya dokter KPK datang langsung ke Papua untuk melihat dan mengecek kondisi kesehatan Lukas Enembe.

"Saya akan mendiskusikan kepada penyidik KPK agar bagaimana bisa memastikan karena ini menyangkut ke publik bahwa tidak ada rekayasa tentang pak Gubernur," ujarnya.

Stefanus Roy menyebut kliennya itu menderita berbagai penyakit sehingga tidak bisa memenuhi panggilan dari penyidik KPK yang dijadwalkan hari ini, Senin 26 September 2022.

Selain itu, pihaknya juga telah menyampaikan perihal penyakitnya itu kepada tim penyidik pada saat kedatangannya yang pertama ke Gedung Merah Putih KPK beberapa waktu lalu.

"Pak Lukas ini sudah mengalami empat kali stroke. Hasil daripada riwayat medisnya yang sudah disampaikan ke tim KPK kemarin, dan beliau punya riwayat sakit yang lain," ungkap Stefanus.

"Beliau punya jantung bocor sejak kecil, kemudian sakit diabet, ada gangguan ginjal. Dan yang terakhir menurut dokter beliau ada cairan yang seharusnya tidak boleh ada di air kencing, tapi ternyata ada cairan di ginjal yang turun," terangnya.

Ia menyebut kedatangannya kali ini sebagai bentuk kooperatif Lukas Enembe dalam menjalani proses hukum yang sedang dilakukan KPK.

"Oleh karena itu kami tetap kooperatif datang, kami berkomunikasi dengan penyidik KPK, kami menyampaikan kondisi pak Gubernur supaya semua terang benderang dan akuntabel," tandasnya.sinpo

Komentar: