Polda Metro akan Tambah 73 Titik ETLE, Ini Lokasinya

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Senin, 26 September 2022 | 19:03 WIB
Kamera ETLE (SinPo.id/NTMC Polri)
Kamera ETLE (SinPo.id/NTMC Polri)

SinPo.id - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menambah 73 titik Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di sejumlah ruas jalan protokol. Kamera ini akan beroperasi otomatis melalui sistem AI (Artificial Intelligence) selama 24 jam.

Hal tersebut turut dibenarkan oleh Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman.

"Untuk wilayah Jakarta Raya ini kan seluruh ruas jalan 1x24 jam ada aktivitas masyarakat, sehingga selama ada aktivitas masyarakat itu kamera ETLE ini akan dipasang secara menyeluruh," kata Latif seperti dikutip dari  laman NTMC Polri, Senin, 26 September 2022.

Latif berharap, dengan penambahan lokasi ETLE ini, kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas bisa meningkat. Selain itu, aparat kepolisian yang bertugas di lapangan juga diharapkan dapat bekerja lebih profesional.

"Dan secara internal terhadap kami, tidak terjadi suatu pelanggaran yang dilakukan oleh anggota dalam penegakan hukum ini. Ini yang akan kita kembangkan terus," sambungnya.

Latif menjelaskan, penambahan titik ETLE ada di Bundaran Senayan Ratu Plaza, flyover Thamrin ke Sudirman, Simpang Sarinah Bawaslu, dan Simpang Kota Tua, Simpang Istana Negara, Simpang Kebon Sirih, Simpang Pancoran, dan Simpang Tomang.

Kemudian Simpang Halim Lama, Simpang Cempaka Putih, Simpang tugu Tani dari arah Senen, Depan Halte Setia Budi 2 arah, Jalan Juanda-Depok, Jl Martadinata-Cikarang, Jalan Sultan Iskandar Muda-Pondok Indah, Jl Jend Gatot Subroto,Semanggi, dan Setiabudi-Jakarta Selatan.

Selain itu ada juga yang dipasang di ruas Tol Cikampek KM 27+100A, ruas Tol Dalam Kota KM 14+700 A, ruas TOL JORR KM 53+600 B, Jalur Transjakarta Pancoran Barat, Bicara Cina arah Otista, hingga Pos Pengumben arah Lebak Bulus.sinpo

Komentar: