Universitas Pancasila Hari Ini Kukuhkan 5 Guru Besar

Laporan: Bayu Primanda
Rabu, 28 September 2022 | 17:37 WIB
Prosesi pengukuhan Guru Besar Universitas Pancasila/Istimewa
Prosesi pengukuhan Guru Besar Universitas Pancasila/Istimewa

SinPo.id -  Universitas Pancasila (UP) mengukuhkan 5 Guru Besar dilingkungan kampus UP pada Rabu, 28 September 2022 bertempat di Gedung Serba Guna UP, Srengseng Sawah Jagakarsa Jakarta Selatan.

Hadir pada kegiatan ini sejumlah tamu undangan seperti Wakil Presiden RI ke-6, Jend. TNI (Purn) Try Soetrisno; Menteri Pertahanan RI periode 2009-2014, Purnomo Yusgiantoro.

Kemudian, Menko Kesra Kabinet Reformasi Pembangunan, Haryono Suyono; dan Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar.

Dalam sambutannya, Rektor UP, Edie Toet menyampaikan bahwa, Pengukuhan Guru Besar hari ini merupakan suatu kehormatan dan kebahagiaan bagi Seluruh Sivitas Akademika UP.

Edie mengatakan dirinya bangga bahwa UP pada hari ini dapat menyelenggarakan acara sidang Senat Akademik dengan mengukuhkan 5 Guru Besar sekaligus, ini merupakan peristiwa yang langka bagi Perguruan Tinggi manapun di Indonesia.

"Total sampai dengan saat ini, UP sudah memiliki 24 Guru Besar yang tersebar di 29 Program Studi yang ada di UP. Pada tahun 2021 yang lalu, UP menghasilkan Dosen dengan Jabatan Akademik/Fungsional bergelar Profesor/Guru Besar terbanyak di DKI Jakarta," kata Edie dalam sambutannya.

5 Guru Besar yang dikukuhkan antara lain Prof. Dr. Ir. Dwi Rahmalina, MT. dalam Bidang Teknik Mesin.

Kemudian, Program Studi S2 Teknik Mesin, Prof. Dr. apt. Dian Ratih Laksmitawati, M.Biomed.

Dalam Bidang Ilmu Farmasi Klinik dan Komunitas pada Program Studi S3 Ilmu Farmasi, Prof. Dr. B.F. Sihombing, SH., MH.,

Bidang Ilmu Hukum pada Program Studi S1 Hukum, Prof. Dr. Ir. Iha Haryani Hatta, SE., MM.

Bidang Ilmu Manajemen Pemasaran pada Program Studi S1 Manajemen, dan Prof. Dr. Ir. Arissetyanto Nugroho, MM.

Bidang Ilmu Manajemen pada Program Studi S3 Ilmu Ekonomi Sekolah Pascasarjana UP.

"Kami terus berupaya mendorong pada Dosen untuk dapat mencapai gelar Profesor atau Guru Besar, ini merupakan prestasi bagi Perguruan Tinggi, karena sebuah Universitas yang berkembang itu salah satunya dilihat dari jumlah Guru Besar dan akreditasinya, dengan semakin banyaknya dosen bergelar Guru Besar maka mutu perguruan tinggi yang ada di Indonesia dapat terus meningkat," ujar Prof. Edie.

Selain itu, prestasi lainnya di tahun 2022 ini yaitu ada tiga Program Studi yang terakreditasi “UNGGUL”, yakni Program Studi Magister Ilmu Hukum, Magister Ilmu Kefarmasian dan Magister Teknik Mesin. UP juga berhasil mendapat dana Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) untuk 2 Prodi, yakni: S1 Ilmu Hukum dan Ilmu Komunikasi tahun 2021 dan 2022 senilai RP. 2.218.490.000.

Selain itu, UP juga saat ini telah tersertifikasi ISO 21001:2018 tentang Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan Tinggi, beberapa waktu yang lalu, kami baru saja menerima SK dari Mendikbudristek, tentang izin Pembukaan Program Studi Magister Rekayasa Infrastruktur dan Lingkungan untuk Fakultas Teknik, dan izin pembukaan Program Studi D4 Pengelolaan Konvensi dan Acara (MICE) Fakultas Pariwisata.

"Serta kami juga saat ini sedang dalam proses untuk membuka 1 (satu) program studi baru yaitu Program Studi Doktor Ilmu Hukum yang saat ini masih dalam proses evaluasi oleh para tim penilai. Kami dengan penuh semangat akan terus mengupayakan UP dapat semakin maju, baik secara akademik maupun non akademik," tutup Edie.sinpo

Komentar: