Menkeu: BPJS Ketenagakerjaan Harus Perkuat Fondasi Perekonomian RI

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 29 September 2022 | 09:47 WIB
Menkeu Sri Mulyani/SinPo.id
Menkeu Sri Mulyani/SinPo.id

SinPo.id -  Pemerintah meminta BPJS Ketenagakerjaan untuk mendalami kondisi tenaga kerja dan mengidentifikasi demografi di Indonesia, sebagai upaya untuk memperkuat Fondasi perekonomian Indonesia.

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, mengatakan bahwa pandemi telah membuat masyarakat harus beradaptasi dengan kondisi new normal menemukan cara kerja baru, sehingga muncul fenomena new way of working.

"Mereka membuat banyak sekali rekalibrasi terhadap kegiatan dan keputusan mengenai hidupnya, pekerjaannya, dan tentu saja ini berpengaruh sangat besar,” kata Menkeu, Rabu 29 September 2022.

Sehingga, kata Sri Mulyani, BPJS Ketenagakerjaan memiliki peran yang sangat penting untuk membuat fondasi bangi sebuah perekonomian.

“Ini tentu akan menentukan bagaimana sebuah perekonomian akan terus berkembang, karena labor relation itu adalah salah satu fondasi yang sangat penting bagi sebuah perekonomian,” paparnya.

Oleh sebab itu, pihaknya berharap agar BPJS Ketenagakerjaan dapat terus mengelola dana yang bersumber dari para tenaga kerja di indonesia, agar memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi tenaga kerja dan pasar tenaga kerja di Indonesia.

“Saya tentu berharap sebagai institusi yang mengelola resources luar biasa, tata kelola harus dibuat baik, efisiensi, investasi harus dibuat secara sangat prudent namun juga maksimal dari sisi return-nya," tandasnya.sinpo

Komentar: