Tanggapi Survei Indikator, Pengamat: Pasangan Pak Bowo-Erick Thohir Saling Melengkapi

Laporan: Bayu Primanda
Minggu, 02 Oktober 2022 | 16:32 WIB
Pertemuan antara Prabowo dan Erick Thohir/Istimewa
Pertemuan antara Prabowo dan Erick Thohir/Istimewa

SinPo.id -  Lembaga survei Indikator merilis hasil surveinya terkait elektabilitas capres-cawapres di Pemilu 2024 mendatang. Dalam survei itu, nama Prabowo Subianto yang dipasangkan dengan Erick Thohir mendapat elektabilitas tertinggi dengan 37,3 persen.

Jumlah ini mengalahkan pasangan Ganjar Pranowo-Puan Maharani yang hanya meraih elektabilitas 34,4 persen responden.

Pengamat politik, Bawono Kumoro menilai bahwa berdasarkan hasil survei tersebut, pasangan Prabowo-Erick memang layak jadi juaranya. Pasalnya, keduanya bisa berbagi peran secara strategis dalam hal mengambil kebijakan-kebijakan di pemerintahan.

"Bila kelak berpasangan calon sebagai presiden dan wakil presiden kedua figur ini dapat berbagi peran," kata Bawono kepada Sinpo.id, Minggu, 2 Oktober 2022.

Sebagai Menteri BUMN, Erick Thohir, kata Bawono akan lebih mengurusi manajemen pemerintahan dan juga memastikan implementasi kebijakan-kebijakan di lapangan.

"Sementara, Prabowo Subianto lebih kepada kepemimpinan nasional secara umum terutama relasi dengan pemimpin-pemimpin negara lain," tukas dia.

Baik Prabowo maupun Erick Thohir keduanya punya karakter yang berbeda. Tapi, menurut Bawono, perbedaan itu akan saling melengkapi satu sama lain dan itu sangat baik untuk kemajuan RI.

"Karakter ketegasan dimiliki oleh sosok Prabowo Subianto dilengkapi dengan karakter kecakapan komunikasi dimiliki oleh Erick Thohir," kata Bawono.sinpo

Komentar: