Festival Madu Sumatera Barat, Tawarkan Berbagai Macam Rasa Madu kepada Pengunjung

Laporan: Sinpo
Senin, 03 Oktober 2022 | 04:12 WIB
Ilustrasi Madu
Ilustrasi Madu

SinPo.id -  Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menggelar Festival Madu Sumatera Barat di halaman Kantor Dinas Kehutanan setempat pada 1-3 Oktober 2022. Festival Madu Sumatera Barat itu menawarkan aneka ragam rasa madu lebah dan madu kelulut kepada pengunjung.

"Rasa madu ternyata tidak hanya manis, tetapi beragam. Ada yang asam, asam manis, asam manis pahit bahkan rasa unik seperti rempah," kata Gubernur Sumbar, Mahyeldi pada Minggu 2 Oktober 2022.

Aneka ragam rasa itu menurut Mahyeldi berpotensi untuk dikembangkan guna memenuhi selera masing-masing konsumen yang juga berbeda-beda. Saat ini untuk mendukung para pembudidaya madu lebah dan kelulut, Pemprov Sumbar sudah mewajibkan seluruh ASN untuk rutin mengkonsumsi madu, minimal 350 ml per bulan. Madu tersebut berasal dari pembudidaya yang berada di sekitar hutan dalam skema perhutanan sosial.

"Ini memberikan efek positif timbal balik. ASN sehat karena rutin mengkonsumsi madu sementara pembudidaya juga sejahtera karena madu mereka memiliki pasar yang jelas," katanya.

Selain rasa, madu yang dipamerkan juga memiliki khasiat yang banyak. Berdasarkan pengalaman pembudidaya, madu dari kelulut memiliki citarasa asam yang baik untuk mengobati sakit lambung dan sakit maag. Madu kelulut berdasarkan pengalaman, juga diklaim bagus untuk membantu penyembuhan penyakit yang berkaitan dengan paru-paru.sinpo

Komentar: