Operasi Zebra 2022, Polri Harap Kesadaran Masyarakat Terhadap Lalu Lintas

Laporan: Sinpo
Selasa, 04 Oktober 2022 | 02:58 WIB
Operasi Zebra Jaya 2022
Operasi Zebra Jaya 2022

SinPo.id -  Polri menggelar Operasi Zebra 2022 dari 3 sampai 16 Oktober, melibatkan kurang lebih 23.600 personil di 33 Provinsi Indonesia. Operasi Zebra 2022 mengusung tema Tertib Berlalu Lintas Guna Mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas) yang Presisi.

"Kami berharap bukan berapa banyak Polri mampu menilang para pelanggar, tapi seberapa tinggi kesadaran masyarakat selama operasi bisa dicapai," kata Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol. Firman Shantiyabudi, saat memimpin apel gelar pasukan Operasi Zebra Jaya 2022 di Lapangan Presisi Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin 3 Oktober 2022.

Dia menjelaskan tujuan operasi zebra adalah menurunkan jumlah pelanggaran lalu lintas dan fatalitas korban kecelakaan lalu lintas dan meningkatkan disiplin para pemakai jalan. Firman menyebutkan beberapa potensi pelanggaran para pengendara lalu lintas diantaranya penggunaan kendaraan oleh anak di bawah umur hingga penggunaan gawai saat berkendara.

"Beberapa masyarakat yang cenderung melalaikan penggunaan seat belt, padahal alat tersebut di desain untuk membantu mengurangi fatalitas, apabila terjadi kecelakaan," ungkapnya.

Ia mengatakan penindakan pelanggaran tidak hanya dilakukan dengan cara tilang manual atau elektronik (ETLE), tetapi petugas juga dapat melakukan imbauan atau peringatan. Untuk itu, Firman mengajak masyarakat untuk ikut serta berperan dalam pelaksanaan operasi zebra dengan menaati dan berdisiplin dalam berlalu lintas.

"Dengan kehadiran petugas di lapangan dalam rangka mengedukasi, mengajak masyarakat untuk siap tidak melanggar lalu lintas demi keselamatan bersama," tambahnya.
 

sinpo

Komentar: