Berbahajanja perkerdjahan fabriek

Laporan: Sinpo
Selasa, 04 Oktober 2022 | 09:45 WIB
Koran Sin Po 4 Oktober 1924
Koran Sin Po 4 Oktober 1924

SinPo.id -  Koran Sin Po edisi 4 Oktober 1924  menulis ancaman atau bahaya pekerjaan buruh pabrik dengan judul  “Berbahajanja perkerdjahan fabriek”. Tulisan itu seiring dengan menjamurnya cultuurstelsel dan pertambangan dan menjamurnya investasi kolonial yang membangun industri pengolahan.

“Seringkali ada dibilang perkerdjahan dalem fabriek-fabriek ada koerang baek dan atjapkali roesakin jang berkerdja poenja kasehatan atawa bikin koeli-koeli fabriek lebi lekas masoek ka lobang koeboeran” tulis laporan oran Sin Po kala itu.

Industrie semingkin lama semingkin besar dan semingkin bertamba dan lantaran ini semingkin banjak orang-orang jang berkerdja dalem fabriek-fabriek.

Seringkali ada dibilang perkerdjahan dalem fabriek-fabriek ada koerang baek dan atjapkali roesakin jang berkerdja poenja kasehatan atawa bikin koeli-koeli fabriek lebi lekas masoek ka lobang koeboeran.

Tapi apa betoel antara koeli-koeli fabriek lebi banjak jang sakit atawa meninggal dari antara orang-orang jang pegang perkerdjahan laen-laen?

Ini tentoe sadja tida bisa dibilang sebelonnja dibikin pamereksahan jang lengkap di banjak fabriek-fabriek.

Orang telah bikin pamereksahan terseboet dan telah dapet kenjatahan ada fabriek-fabriek dimana orang jang meninggal ada sampe doea a tiga kali lipet dari djoembla jang mati dalem laen-laen perkerdjahan.

Begitoelah Dr. Jac. van Ginneken (Zielk. Verwikkelingen, 1, 3) kasi daftar tjatetan jang bikin orang kaget.

Antara orang orang lelaki antara oesia 18 dan 64 jang mati kaloe dipoekoel rata, ada 8 dalem saban 1000.

Tapi ini djoembla jang mati dalem saban sariboe orang (mortaliteitscyfer per iooo) antara orang-orang jang berdja di fabriek-fabriek seringkali ada djaoe lebi tinggi, seperti bisa ternjata dibawa ini.

Djadinja orang jang kerdja dalem fabriek-fabriek tima poenja angka kematihan ada lebih dari tiga kali lebih tinggi dari angka mati dari laen-laen orang biasa. Perkerdjahan di fabriek tima memang soeda terkenal berbahaja.

Tapi toch djangan lantes ambil poetoesan, perkerdjahan di semoea fabriek-fabriek ada berbahaja.

Sebab sebaliknja ada bebrapa fabriek-fabriek dimana koeli-koelinja , poenja angka mati ada lebih ketjil dari angka mati jang oemoem, jalah di mana koeli-koelinja jang mati ada lebih bawa dari 8 per 1000 orang.sinpo

Komentar: