Dewan Pers SinPo

Inggris Siap Dukung Ukraina Hingga Menang Lawan Rusia

Laporan: Bayu Primanda
Selasa, 04 Oktober 2022 | 14:38 WIB
Para pasukan Ukraina melakukan serangan ke tentara Rusia/Getty Images
Para pasukan Ukraina melakukan serangan ke tentara Rusia/Getty Images

SinPo.id -  Inggris siap mendukung Ukraina sampai menang dalam perang melawan Rusia. Hal ini berdasarkan pernyataan yang disampaikan Menteri Luar Negeri Inggris James Cleverly pada Selasa, 4 Oktober 2022.

Inggris telah menjadi salah satu pendukung internasional Kiev yang paling vokal dengan mengirim ribuan senjata anti tank, ratusan rudal dan kendaraan tempur lapis baja serta melatih tentara Ukraina.

Dalam sebuah pidato untuk konferensi Partai Konservatif, Menlu Cleverly mengatakan bahwa Inggris bukanlah komentator tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi di dunia.

Ia bahkan menegaskan bahwa Inggris adalah pemain di lapangan dan meyakini bahwa agresor tidak dapat menyerang negara tetangga mereka dengan impunitas.

"Inilah sebabnya kami berdiri bahu-membahu dengan orang-orang Ukraina pemberani yang membela tanah air mereka. Dan Inggris memiliki ketahanan strategis untuk mengawal mereka meraih kemenangan," demikian dikutip pidato Cleverly yang dirilis para anggota Konservatif.

Sejumlah pendudukan wilayah oleh Rusia di beberapa kota milik Ukraina tidak akan diakui Inggris.

"Kami akan mendukung mereka sampai perang ini dimenangkan. Kami akan mendukung mereka sampai kedaulatan mereka dipulihkan. Kami tidak akan pernah mengakui pencaplokan Luhansk, Donetsk, Kherson, Zaporizhzhia, atau Crimea," kata Cleverly.

"Wilayah yang dicaplok itu adalah Ukraina. Dan ketika Ukraina telah memenangkan perang ini, maka kami akan mendukung mereka saat mereka membangun kembali rumah mereka, perekonomian mereka dan kehidupan sosial mereka." tukas dia.sinpo

Komentar: