Dewan Pers SinPo

Soal Banjir di Jakarta, Ini Penjelasan Gubernur Anies

Laporan: Zikri Maulana
Rabu, 05 Oktober 2022 | 11:33 WIB
Ilustrasi Banjir (SinPo.id/Pixabay.com
Ilustrasi Banjir (SinPo.id/Pixabay.com

SinPo.id -  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah berupaya mengantisipasi adanya genangan air maupun banjir, sejak sebelum turunnya hujan. Ia menyebut tim DKI mengirimkan alat-alat mulai dari truk Damkar sampai Pompa Mobile ke lokasi-lokasi yang cekung sebelum hujan.

“Jadi kalo teman-teman lihat mendung, alat-alat itu sudah berada di lokasi yang terduga akan mengalami genangan sampai banjir," ujar Anies di Jakarta Recycle Center, Jakarta Selatan, Rabu 5 Oktober 2022.

Selain itu, Anies mengatakan, beberapa daerah yang cekung paling berpotensi banjir. Oleh karena itu, sumur resapan penting tersedia di tiap titik daerah cekung tersebut.

"Sumur resapan itu penting untuk daerah yang cekung. Kalo daerahnya tidak cekung air mudah mengalir," kata Anies menambahkan.

Ia mengatakan Pemprov DKI menyelesaikan banjir dengan cara ilmiah dan bukan secara politik lagi. Dengan begitu Anies  berharap perlu kedewasaan dalam melihat persoalan banjir yang diselesaikan secara scientific bukan semata-mata secara politik.

Menurut dia, genangan yang ada mulai surut setelah dilakukan penyedotan air. “Kini sejumlah RT yang masih tergenang sudah berangsur surut dibanding semalam,” katanya.sinpo

Komentar: