3 Prajurit TNI Mendapat Tanda Kehormatan dari Presiden Jokowi

Laporan: Bayu Primanda
Rabu, 05 Oktober 2022 | 12:39 WIB
Prosesi penyematan tanda kehormatan kepada Anggota TNI/Setkab
Prosesi penyematan tanda kehormatan kepada Anggota TNI/Setkab

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyematkan tanda kehormatan kepada prajurit dari tiga matra TNI pada upacara peringatan HUT ke-77 TNI di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, 5 Oktober 2022.

Ketiga prajurit tersebut dinilai telah menunjukkan kemampuan, kebijaksanaan, dan jasa luar biasa melebihi panggilan kewajiban untuk kemajuan dan pembangunan TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Udara tanpa merugikan tugas pokoknya.

Ketiga prajurit yang mendapat tanda kehormatan dalam HUT ke-77 TNI di Istana Merdeka antara lain:

- Kolonel Penerbang Firman Dwicahyo mendapatkan tanda kehormatan Bintang Swabuana Paksa Nararya.

- Kapten Infanteri Sudyatmoko Waluyo mendapatkan tanda kehormatan Bintang Kartika Eka Paksi Nararya.

- Pembantu Letnan Satu Marinir Raden Beny Witjahyantiana mendapatkan tanda kehormatan Bintang Jalasena Nararya.

Dalam amanatnya, Jokowi menginstruksikan seluruh prajurit TNI meningkatkan profesionalitas untuk menghadapi tantangan global yang semakin kompleks.

"Di tengah tantangan bangsa yang kompleks, saya minta TNI tetap harus meningkatkan profesionalitasnya. TNI harus terus secara bertahap melanjutkan pemenuhan minimum essential force," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, 5 Oktober 2022.

Dia juga mengingatkan agar pembangunan kekuatan TNI perlu selaras dengan pembangunan nasional. Program bela negara, kata Jokowi, perlu dilanjutkan sesuai dengan prinsip demokrasi untuk mempertahankan kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara sebagaimana Pancasila dan UUD Negara RI Tahun 1945.

"Pemerintah, masyarakat, bangsa, dan negara menaruh harapan besar terhadap kontribusi TNI. Teruslah memegang teguh jati diri TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional," kata Jokowi.

Selanjutnya, Presiden meminta TNI menjadi garda terdepan dalam menghadapi setiap ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan.

"Bersikap dan bertindaklah secara profesional sesuai Pancasila dan UUD 1945, sapta marga, dan sumpah prajurit," kata Jokowi.

Presiden Jokowi mengucapkan selamat HUT ke-77 kepada TNI dan mengingatkan agar TNI selalu memelihara kemanunggalan bersama rakyat.

Setelah menjadi Inspektur Upacara HUT ke-77 TNI, Jokowi melakukan panggilan video untuk menyapa para prajurit TNI yang bertugas di empat pos lintas batas negara (PLBN) dan daerah terluar, yakni PLBN Entikong di Kalimantan Barat, pos pengamanan terluar Sangihe-Talaud di Sulawesi Utara, PLBN Sota di Merauke, Papua, serta PLBN Motaain Engelberhus Klau di Nusa Tenggara Timur.

Jokowi juga menyaksikan demonstrasi atraksi pesawat dari TNI Angkatan Udara (AU), seperti fly pass pesawat F16, helikopter dengan membawa Bendera Merah Putih berukuran besar dan bendera trimatra, serta pertunjukan akrobat pesawat Jupiter.

Setelah itu, Jokowi menyaksikan defile kendaraan tempur dan alat sistem persenjataan utama (alutsista) di depan Istana Merdeka.sinpo

Komentar: