Dewan Pers SinPo

BPBD Sebut Banjir di Jakarta Sudah Sepenuhnya Surut

Laporan: Zikri Maulana
Rabu, 05 Oktober 2022 | 15:35 WIB
Ilustrasi banjir/ Istimewa
Ilustrasi banjir/ Istimewa

SinPo.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat hingga Rabu, 5 Oktober, pukul 12.00 WIB, genangan air banjir di Jakarta saat ini sudah surut seluruhnya. 

"Pasca hujan lebat yang mengguyur Jakarta pada selasa 04/10 sore, BPBD DKI Jakarta mencatat saat ini genangan sudah surut seluruhnya," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Isnawa Adji, dalam keterangan tertulis, Rabu 5 Oktober 2022. 

Isnawa mengatakan, hal ini berkat upaya kolaboratif yang dilakukan oleh OPD terkait seperti BPBD, Dinas SDA, Dinas Gulkarmat, Dinas Bina Marga, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Tamhut dan PPSU Kelurahan. 

"Dengan mengerahkan sejumlah personel dengan peralatan seperti pompa mobile untuk menyedot air dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik," tuturnya. 

Selain itu, lanjut Isnawa, peran dari unsur masyarakat juga dilibatkan dalam upaya ini, seperti pihak RT/RW, FKDM, dan juga tokoh masyarakat lain.

Lebih lanjut, BPBD DKI mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan karena berdasarkan informasi yang dirilis oleh BMKG, potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat masih akan terjadi hingga tanggal 8 Oktober 2022. 

"Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112.  Layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam non-stop," terangnya. sinpo

Komentar: