Fadli Zon: Perubahan Iklim Jadi Penyebab Utama dalam Ketahanan Pangan

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 06 Oktober 2022 | 00:12 WIB
Waketum Partai Gerindra Fadli Zon/ SinPo.id
Waketum Partai Gerindra Fadli Zon/ SinPo.id

SinPo.id -  Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon, mengatakan perubahan iklim menjadi penyebab utama dalam ketahanan pangan bukan karena adanya konflik geopolitik.  

"Sebenarnya kalau pendapat saya bukan karena konflik ketahanan pangan itu terganggu, tetapi karena climate change, ada kekeringan di negara-negara penghasil," kata Fadli Zon kepada wartawan di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu 5 Oktober 2022.

Menurut dia, perubahan iklim berkontribusi sangat besar dibandingkan dengan konflik geopolitik yang dampaknya terkait dengan pangan sangat kecil, khususnya terhadap Indonesia.

"Kecil dampaknya (konflik geopolitik,-red) kalau terkait dengan pangan ya, misalnya tentang gandum tak terlalu besar," ujarnya.

Sumber pangan di Indonesia, kata dia, masih sangat cukup. Meskipun sebagian berasal dari impor karena persoalan iklim, terutama gandum dan kedelai yang tingkat konsumsinya juga tinggi.

"Iya, kita masih bisa diverifikasi pangan, sumber pangan kita cukup banyak, sumber karbohidrat banyak, ya ada beras, ubi, bahkan macam-macam sumber protein kita lebih banyak lagi, ada ayam, telur, ikan, jadi sebenarnya kalau kita bisa diversifikasi luar biasa," tambahnya.sinpo

Komentar: