BPJT: 75 Lokasi Jalan Tol di Indonesia Rawan Banjir

Laporan: Sinpo
Kamis, 06 Oktober 2022 | 05:59 WIB
Ilustrasi jalan tol (Dok. Jasa Marga)
Ilustrasi jalan tol (Dok. Jasa Marga)

SinPo.id -  Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Danang Parikesit, mengungkap sejumlah 
lokasi jalan tol rawan banjir termasuk Tol Jakarta-Cikampek dan Tol Jakarta-Tangerang. Total jalan tol yang rawan banjir sebanyak 75 lokasi di Pulau Jawa. Kemudian, ada sebanyak 9 jalan tol yang terjadi banjir pada 2021.

"Jalan Tol Jakarta-Cikampek, kemudian yang di daerah Jakarta-Tangerang ada beberapa ruas-ruas yang sungainya cukup tinggi dengan kejadian tahun lalu, ruas yang rawan juga ada," ujarnya, saat ditemui di kantor Kementerian PUPR, Rabu 5 Oktober 2022. 

Dia menilai bukan hanya Jalan Tol Pondok Aren-Serpong Km 8+500 yang rawan banjir. Untuk persiapan BUJT menanggulangi banjir, BPJT sudah menyiapkan 76 unit armada pompa air sehingga harapannya bisa mempercepat kerja untuk mengurangi debit air ketika banjir di jalan tol.

"Kita itu memiliki di jalan tol Pulau Jawa ada 75 lokasi titik rawan banjir, kejadian di 2021 ini yang banjirnya tercatat 9 lokasi. Semua terjadi limpahan air yang di sungai, ke jalan tol fokus kita sekali lagi membahas tata guna lahan yang kita perhatikan," tambahnyasinpo

Komentar: