Dewan Pers SinPo

Perwakilan Ukraina Hadir Dalam Sesi Dialog P20 Bersama Rusia

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 06 Oktober 2022 | 09:19 WIB
Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon, (SinPo.id/Galuh Ratnatika)
Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon, (SinPo.id/Galuh Ratnatika)

SinPo.id - Perwakilan Ukraina terkonfirmasi hadir dalam sesi dialog Parliamentary20 atau P20 bersama Rusia di komplek Gedung DPR Ri Senayan  sebagai guestof the house. Kehadiran Ukraina menjadi penting saat terjadi konflik dengan Rusia meski bukan bagian dari negara Group of Twenty atau G20.

“Ukraina akan menjadi tamu bersama 16 negara lainnya dalam sesi dialog bersama Rusia,” kata Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon, Rabu 6 Oktober 2022 kemarin.

Menurut Fadli, Indonesia sebagai tuan rumah ingin mengajak dialog dan mencari penyelesaian walaupun mungkin tidak mudah.

Dialog tersebut dilakukan untuk menunjukkan sikap Indonesia yang peduli, dan diharapkan ada semacam inisiasi dialog, terutama di antara parlemen.

"Parlemen ini kan kelebihannya punya legitimasi dari rakyat, punya fleksibilitas di dalam dialog dan diplomasi, agak berbeda dengan pemerintah yang dianggap agak kaku gitu ya," kata Fadli menjelaskan.

Sedangkan sesi dialog tersebut belum dapat dipastikan, namun Fadli mengatakan sudah ada dalam dokumen-dokumen perdebatan.

 sinpo

Komentar: