Kendalikan Banjir, Pemprov DKI Buka Tiga Ruang Limpah Sungai

Laporan: Zikri Maulana
Kamis, 06 Oktober 2022 | 14:15 WIB
Ruang limpah sungai/ Pemprov DKI
Ruang limpah sungai/ Pemprov DKI

SinPo.id - Pemprov DKI Jakarta membangun tiga Ruang Limpah Sungai (RLS), yakni RLS Lebak Bulus, RLS Brigif, dan RLS Pondok Ranggon. Hal ini merupakan terobosan dalam upaya pengendalian banjir. 

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjelaskan terkait pembangunan yang kerap memberikan dampak kerusakan lingkungan, sehingga penting agar kita menggunakan pendekatan berbasis alam yang lebih ramah lingkungan. 

“Kita semua merasakan betul betapa proses pembangunan selama beberapa abad ini banyak mengadopsi pendekatan yang ternyata mengakibatkan kerusakan lingkungan dan kita rasakan dampaknya sekarang,” kata Anies di Jakarta Selatan, Kamis 6 Oktober 2022. 

Hal tersebut, kata Anies membuat semua pihak harus sadar dan mengubah pendekatan dalam menyelesaikan masalah yang ada.

"Kita perhatikan persoalan limpahan air di sungai sebabnya karena cara kita melakukan pembangunan beberapa dekade belakangan ini," tuturnya. 

Oleh karena itu, Anies menjelaskan, bahwa salah satu pendekatan yang dilakukan Pemprov DKI ialah nature base solution (Solusi berbasis alam). 

Anies juga mengklaim, RLS merupakan salah satu project pertama di Indonesia berbasis alam yang menangani limpahan air sungai agar dapat mengurangi beban aliran sungai di kawasan hilir atau saat dialirkan ke laut.

“Nature base solution atau solusi berbasis alam, namanya menjadi Ruang Limpah Sungai. Limpah ini punya makna berlebih tapi yang positif, dan Alhamdulillah air yang berlimpah disiapkan tempat untuk menampungnya,” paparnya. sinpo

Komentar: