Dewan Pers SinPo

700 Perwakilan Masyarakat Sipil Sampaikan Aspirasi Untuk Pemimpin G20

Laporan: Sinpo
Kamis, 06 Oktober 2022 | 17:27 WIB
Perwakilan C20 saat KTT di Bali (SinPo.id/Ist)
Perwakilan C20 saat KTT di Bali (SinPo.id/Ist)

SinPo.id - Sebanyak 700 orang perwakilan masyarakat sipil yang tergabung dalam Civil 20 atau C20 menyampaikan aspirasi untuk pemimpin G20 yang menggelar pertemuan di Denpasar Bali.  Kelompok sipil dari berbagai negara itu telah berhasil menyampaikan aspirasi yang disebut C20 Policy Pack, berupa dokumen berisi serangkaian rekomendasi kebijakan tentang berbagai isu  kepada G20 pada hari pembukaan KTT C20 di Hilton Resorts Hotel, Nusa Dua, Bali.

“C20 Summit adalah acara berkumpulnya para pemikir, aktivis, dan gagasan paling bersemangat di dunia yang berfokus pada promosi solusi masalah sosial yang melibatkan partisipasi aktif organisasi masyarakat sipil serta komunitas akar rumput,” kata Ketua C20, Sugeng Bahagijo, dalam pernyataan resmi yang diterima SinPo.id, Kamis, 6 Oktober 2022.

Menurut Sugeng, KTT C20 bertujuan untuk menyelesaikan C20 Policy Pack dan secara resmi menyerahkan Komunike kepada pemerintah Indonesia sebagai pemimpin G20 tahun ini.

“Kami meminta semua pemimpin G20 untuk mengakhiri kepentingan mereka sendiri dan bekerja sebagai front persatuan untuk menyelesaikan krisis,” kata Sugeng menjelaskan.

Dengan forum itu ia berharap pemimpin dunia berkolaborasi mempromosikan perdamaian dunia dan kemanusiaan dengan meningkatkan upaya pemulihan untuk mengatasi situasi global saat ini.

Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati menanggapi usulan C20, mengatakan dunia akan menghadapi tantangan yang lebih kompleks di masa depan, sehingga membutuhkan upaya bersama dari semua pemangku kepentingan untuk tidak meninggalkan siapa pun.

“Saya berharap C20 dapat melanjutkan perannya sebagai wadah untuk menyuarakan aspirasi masyarakat, dan bekerja sama dengan G20 dengan tidak hanya memberikan wawasan dan keahlian, tetapi juga memastikan bahwa pemerintah bertanggung jawab atas komitmennya” kata Sri Mulyani

Sedangkan sejumlah poin rekomendasi C20 yakni memprioritaskan isu-isu yang mencerminkan prinsip keadilan, kesetaraan, inklusivitas, kolaborasi, dan berbagi sumber daya keuangan.sinpo

Komentar: