Puan: Masyarakat Dunia Harap P20 Mampu Atasi Tantangan Global

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 06 Oktober 2022 | 22:00 WIB
Puan Maharani/Istimewa
Puan Maharani/Istimewa

SinPo.id -  Ketua DPR RI, Puan Maharani, mengatakan bahwa masyarakat di seluruh dunia memiliki harapan besar agar P20 berkontribusi dalam menyelesaikan berbagai gejolak dan tantangan global yang melanda dunia.

Menurutnya, P20 memberikan legitimasi atas upaya Pemerintah dalam menjalankan komitmen kebijakan luar negeri, pemulihan pasca pandemi dan merespons tantangan global.

“Kekuatan parlemen, P20, adalah mewakili suara rakyat global," kata Puan di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis 6 Oktober 2022.

P20 juga dapat memberikan perspektif parlemen, memberikan kontribusi dalam menjembatani perbedaan antar negara dan memperkuat interaksi dan jejaring antara para Ketua parlemen negara-negara G20.

“Parlemen memiliki kesempatan untuk menyampaikan prespektif dari aspirasi rakyat yang menginginkan adanya harapan baru dalam mengelola tata dunia yang lebih humanis, ramah, nyaman, dan sejahtera bagi semua orang,” terangnya.

Selain itu, kata Puan, dalam mewujudkan komitmen parlemen untuk memberikan sebuah harapan baru, dibutuhkan komitmen kerja bersama antar negara dalam membangun kemajuan bersama.

“Kita memiliki kesadaran bahwa diperlukan kerja bersama dalam mengatasi permasalahan global," imbuhnya.

Oleh sebab itu, P20 diharapkan dapat mempromosikan perdamaian toleransi, dan solidaritas dalam persaudaraan, serta agenda kerja bersama antar negara yang nyata, agar dunia tidak semakin terbelah.sinpo

Komentar: