Pemprov DKI Resmikan Gapura Little India di Pasar Baru

Laporan: Zikri Maulana
Selasa, 11 Oktober 2022 | 11:33 WIB
Peresmian gapura Little India/DOK: PPID DKI
Peresmian gapura Little India/DOK: PPID DKI

SinPo.id -  Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan Gapura Little India di Pasar Baru, Jakarta Pusat, untuk masyarakat India yang ada di Jakarta. Ia mengatakan, kawasan tersebut menjadi cerminan betapa kayanya budaya yang ada di Ibu Kota. 

“Kita mengetahui, di tempat ini komunitas India banyak berkegiatan ekonomi dan beraktivitas. Ini adalah satu kawasan yang mencerminkan betapa kayanya Jakarta sebagai rumah bagi semua. Di tempat inilah kita rasakan Kota Global sesungguhnya,” ujar Anies, dalam keterangan tertulis, Selasa 11 Oktober 2022. 

Awalnya Anies menceritakan sejarah dari kawasan Pasar Baru di mana kawasan tersebut dibangun sekitar tahun 1820-an. 

Pada waktu itu, kata Anies, pemerintah kolonial Belanda memindahkan pusat pemerintahan, lebih ke selatan, kemudian kawasan Pasar Baru tumbuh dan banyak dari mereka yang berasal dari berbagai wilayah hidup di kawasan itu, termasuk komunitas India. 

Dengan adanya gapura ini, Anies berharap akan mempermudah bagi siapa saja yang ingin menikmati pengalaman budaya India sekaligus merasakan kekayaan budaya Jakarta dan bisa langsung mengunjungi kawasan Little India ini.

“Karena itu, kami berharap dengan adanya Gapura Little India, maka tempat ini menjadi representasi dari subculture yang ada di Jakarta," ujar Anies. 

"Kita berharap, nantinya bagi siapa saja yang ingin mendapatkan pengalaman nuansa India bisa datang ke sini, merasakan keunikannya, dan merasakan betapa kayanya kota ini,” tambahnya. 
sinpo

Komentar: