BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem Dampak Fenomena Global La Nina

Laporan: Sinpo
Rabu, 12 Oktober 2022 | 06:52 WIB
Ilustrasi cuaca ekstrem (istimewa)
Ilustrasi cuaca ekstrem (istimewa)

SinPo.id -  BMKG memprediksi cuaca ekstrem akan terjadi hingga sepekan ke depan efek fenomena global La Nina. Sejumlah potensi bencana harus diwaspadai masyarakat, seperti puting beliung, angin kencang, banjir dan longsor.

"BMKG Juanda sudah mengeluarkan rilis resmi tentang prospek prediksi cuaca untuk sepekan ke depan. Daerah mana saja yang perlu diwaspadai bencana hidrometeorologi," kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim, BMKG, Eko Prasetyo di Trenggalek, Selasa 11 Oktober 2022. 

Efek fenomena global La Nina bisa memicu serangkaian bencana hidrometorologi di daerah-daerah, terutama di kawasan pesisir selatan. Potensi bencana hidrometeorologi ini mengancam wilayah-wilayah yang secara geografis ada di sekitar kawasan pesisir selatan Jawa Timur bagian barat, seperti Trenggalek, Tulungagung, Ponorogo, Pacitan, Malang, Batu serta daerah daerah Tapal Kuda (Banyuwangi, Jember, Situbondo, Bondowoso, Pasuruan dan Probolinggo.

Untuk itu, pihaknya mengingatkan masyarakat untuk waspada dan memperhatikan informasi prakiraan cuaca yang dikeluarkan BMKG. Langkah mitigasi juga selayaknya dipersiapkan, baik oleh warga maupun pemerintah daerah guna meminimalkan risiko kerusakan, kerugian material maupun korban jiwa. Misalnya dengan membersihkan lingkungan, memetakan titik daerah rawan banjir/longsor serta menyiapkan drainase untuk pembuangan air hujan agar masuk sungai dan mengalir ke laut.

"Pastikan air bisa mengalir dengan baik, tidak ada hambatan atau sumbatan, yang bisa mengakibatkan longsor atau banjir," ujarnya.

Eko menambahkan peringatan dan informasi cuaca akan sia-sia jika tidak ada respons yang cepat dari seluruh masyarakat dan komponen penanggulangan bencana.

"BMKG sudah merilis potensi cuaca ekstrem hingga seminggu ke depan, masih ada potensi cuaca ekstrem khususnya Jawa Timur, maupun Trenggalek," ujarnya.sinpo

Komentar: