Wacana Kepala Daerah Kembali Dipilih DPRD, MPR: Baru Sebatas Diskusi

Laporan: Sigit Nuryadin
Rabu, 12 Oktober 2022 | 18:42 WIB
Wakil Ketua MPR RI Yandri Susanto/ Istimewa
Wakil Ketua MPR RI Yandri Susanto/ Istimewa

SinPo.id - Wakil ketua MPR RI Yandri Susanto menyampaikan perihal pertemuan Wantimpres dan pimpinan MPR kemarin, di kompleks parlemen, Selasa, 11 Oktober 2022

Yandri menyebut, wacana pemilihan kepala daerah (pilkada) dipilih oleh DPRD baru sebatas diskusi. Ia memastikan, pilkada 2024 akan tetap dengan pemilihan secara langsung.

"Gini, kemarin kami menerima Wantimpres, saya ikut di situ. Jadi ada diskusi dari forum itu melihat dinamika pilkada langsung yang hampir berapa kali dilaksanakan ini banyak persoalan, tapi juga banyak manfaatnya," ujar Yandri kepada wartawan di kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu, 12 Oktober 2022.

"Tapi untuk tahun 2024 pasti tetap pemilihan langsung. Tetap, tidak ada perubahan. Itu enggak mungkin ada perubahan," sambungnya.

Menurutnya, soal pilkada kembali ke dipilih DPRD harus didahului kajian yang mendalam. Sehingga dapat diketahui kelebihan maupun kekurangan pemilihan secara langsung atau tidak langsung.

"Nah ini perlu di analisa, dikaji. Dikaji apakah layak dipertahankan atau tidak dipertahankan," ucapnya.

Lebih lanjut Yandri mengungkapkan, nantinya hasil kajian tersebut bisa dipublikasikan ke masyarakat, agar tidak menimbulkan kecurigaaan sesama anak bangsa.

"Oleh karena itu, kajian, pendapat, diskusi tentang pilkada langsung saya kira enggak ada apa-apa. Di buka di ruang publik apa sih manfaatnya, apa mudaratnya, apa solusinya, apa yang harus kita lakukan terhadap perbaikan-perbaikan terhadap pilkada itu enggak apa-apa," paparnya.sinpo

Komentar: