Pengamat Paparkan Kelebihan Pak Bowo: Mampu Bertahan Elektabilitas Tinggi Tanpa Pencitraan

Laporan: Bayu Primanda
Kamis, 13 Oktober 2022 | 08:36 WIB
Prabowo Subianto saat diajak berfoto bersama masyarakat/Istimewa
Prabowo Subianto saat diajak berfoto bersama masyarakat/Istimewa

SinPo.id -  Peneliti Indikator Politik Indonesia, Bawono Kumoro memaparkan kelebihan Prabowo Subianto dibandingkan nama lainnya yang digadang-gadang sebagai calon presiden 2024.

Bawono mengatakan elektabilitas Prabowo yang tinggi saat ini pun masih belum mencapai titik maksimal. Sebab, Prabowo terlihat belum mulai melakukan manuver yang bersifat pencitraan atau kampanye.

"Salah satu kelebihan dari Prabowo Subianto dibandingkan bakal-bakal calon presiden lain adalah memiliki tingkat elektabilitas tinggi, meskipun tidak pernah melakukan gimmick politik ataupun juga pencitraan secara berlebihan di media sosial sebagaimana dilakukan bakal-bakal calon presiden lain," kata Bawono kepada wartawan, Kamis, 13 Oktober 2022.

Bawono mengatakan, dengan melakukan hal ini, citra diri Prabowo saat ini terbilang baik sehingga publik masih dapat menilai dengan jernih kinerja Prabowo. Elektabilitasnya yang tinggi pun dapat dipertahankan dengan baik.

"Jadi, tingkat elektabilitas baik dimiliki oleh Prabowo Subianto murni berasal dari penilaian publik terhadap kualitas dan kapasitas diri. Bukan hasil pencitraan di media sosial saja," ujarnya.

Lembaga survei Political Weather Stationmerilis hasil survei elektabilitas calon presiden Pemilu 2024. Hasilnya elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto paling atas, disusul Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Hasil survei PWS menunjukkan bahwa Prabowo dipilih oleh 30,8% responden, disusul Ganjar (18,8%), diikuti Anies (17,5%), Ridwan Kamil (7,4%) dan AHY (5,1%)

Adapun survei terbaru lembaga Political Statistics (Polstat) di tingkat DKI Jakarta menyatakan elektabilitas Prabowo sebagai calon presiden paling tinggi dengan angka 24,6 persen.

Posisi Prabowo disusul Anies dengan elektabilitas 18,9 persen.

"Bukan hanya kokoh tak tergoyahkan di tingkat nasional, di tingkat DKI Jakarta pun elektabilitas Ketua Umum Gerindra itu terus bertahan di posisi teratas," kata peneliti senior Polstat Apna Permana, Rabu, 12 Oktober 2022.sinpo

Komentar: