Sekjen PBB Ajak Anggota G20 Pulihkan Ekonomi Global

Laporan: Bayu Primanda
Jumat, 14 Oktober 2022 | 14:34 WIB
Sekjen PBB, Antonio Guterres/AFP
Sekjen PBB, Antonio Guterres/AFP

SinPo.id -  Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres meminta Kelompok G20 untuk mengubah arah dan mengarahkan pemulihan ekonomi global.

Guterres mengajukan permintaan ini dalam sebuah surat kepada para menteri keuangan dan gubernur bank sentral G20.

"Hari ini, G20 berada di persimpangan jalan: dapat melanjutkan status quo, atau dapat mengambil jalur baru untuk mengarahkan pemulihan ekonomi global untuk semua. Saya percaya jalur baru adalah pilihan yang tepat," tulis Sekjen PBB dikutip dari Reuters, Jumat, 14 Oktober 2022.

Untuk tujuan ini, sistem dan mitra PBB telah mengusulkan Stimulus Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) untuk mengatasi kondisi pasar yang memburuk dan mempercepat kemajuan menuju SDG.

Stimulus SDG menyerukan peningkatan besar-besaran dalam komitmen sektor publik terhadap pembangunan, mitigasi dan adaptasi kemanusiaan dan iklim hanya dengan 2 persen dari produk domestik bruto global, tulisnya dalam surat itu.

"Saya meminta para menteri keuangan dan gubernur bank sentral G20 untuk memperkuat stimulus SDG guna memastikan bahwa negara-negara di semua tingkat pembangunan dapat menanggapi tantangan langsung dan jangka panjang." kata dia.

Guterres mencatat bahwa Stimulus SDG terdiri dari lima rekomendasi: segera meningkatkan keringanan utang untuk negara-negara rentan, meningkatkan pinjaman dari bank pembangunan multilateral dan bank pembangunan publik untuk mendukung SDG, melibatkan pemegang obligasi swasta dan debitur negara dalam upaya pengurangan utang, secara struktural meningkatkan likuiditas dukungan untuk negara-negara rentan melalui peningkatan penggunaan Hak Penarikan Khusus, menyelaraskan aliran keuangan dengan SDG dan Perjanjian Paris.

“Sekarang lebih dari sebelumnya, kepemimpinan G20 diperlukan untuk mengarahkan dunia keluar dari krisis terdalamnya. Saya berharap dapat bekerja sama dengan G20 untuk mengembangkan strategi bersama untuk memajukan rekomendasi Stimulus SDG,” tulis Guterres.
sinpo

Komentar: