Antisipasi Cuaca Ekstrem, PLN Amankan Infrastruktur Listrik Jika Terjadi Banjir dan Pohon Tumbang

Laporan: Sinpo
Sabtu, 15 Oktober 2022 | 00:28 WIB
Ilustrasi Banjir/SinPo/Rahmat
Ilustrasi Banjir/SinPo/Rahmat

SinPo.id -  PT PLN (Persero) memastikan kesiapsiagaan personel dan alat berat untuk mengevakuasi dan mengamankan infrastruktur listrik jika terjadi banjir dan pohon tumbang. Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN Gregorius Adi Trianto mengatakan upaya pengamanan untuk mengantisipasi bahaya kelistrikan dan mengutamakan keselamatan warga ketika terjadi hal darurat.

"Kami sudah menyiapkan lebih dari 50 ribu personil untuk tetap siaga mulai dari Aceh hingga Papua. Peralatan berat tetap kami siagakan untuk bisa gerak cepat melakukan pengamanan dan evakuasi jika terjadi hal yang diluar kontrol," ujar Gregorius.

Berdasarkan peta prakiraan curah hujan BMKG, wilayah yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem hujan lebat disertai kilat dan angin kencang dapat terjadi di hampir seluruh wilayah Indonesia mulai dari Aceh hingga Papua.
Untuk bisa mengantisipasi terjadinya kerusakan infrastruktur jaringan listrik, PLN telah memelihara dan juga peninggian level gardu induk di wilayah potensi banjir. Selain itu, PLN secara konsisten melakukan pemeriksaan di sisi distribusi listrik untuk memastikan pada posisi yang aman dan tidak membahayakan.

"Kami juga mengimbau masyarakat untuk bisa memastikan instalasi kelistrikan di rumah rumah aman dan rutin melakukan pengecekan. Seluruh layanan kelistrikan dapat diakses masyarakat melalui PLN Mobile, kami terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada pelanggan," tambahnya.sinpo

Komentar: