Tangani Krisis Iklim, Indonesia dan Negara Anggota Coalition Ajak Kurangi Emisi Karbon

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 16 Oktober 2022 | 19:44 WIB
Ilustrasi asap dari sistem pembuangan pada kendaraan bermotor (Sinpo.id)
Ilustrasi asap dari sistem pembuangan pada kendaraan bermotor (Sinpo.id)

SinPo.id -  Indonesia dan sejumlah negara di Coalition of Finance Ministers for Climate Action (Coalition) mengajak mengurangi emisi karbon. Ini disampaikan dalam Bilateral Meeting with The Deputy Prime Minister and MoF Netherlands, yang diselenggarakan di Washington D.C, Amerika Sertikat.

"Sama seperti halnya Indonesia, yang juga secara terus menerus berupaya untuk tidak mengurangi usahanya dalam mengurangi emisi karbon," kata Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, dalam pertemuan bilateral tersebut, dikutip Minggu 16 Oktober 2022.

Dalam forum itu, keanggotaan Coalition juga mendiskusikan upaya dari setiap negara dalam pengurangan emisi karbon sebagai penyebab dari krisis perubahan iklim. Salah satu cara yang diupayakan, yakni dengan mengembangkan kebijakan dan menciptakan lingkungan yang sesuai untuk industri manufaktur rendah karbon. Serta mempercepat penghentian secara bertahap pembangkit listrik tenaga batu bara dalam kerangka Energy Transition Mechanism (ETM).

Selain itu, Sri Mulyani bersama Menteri Keuangan Belanda, Sigrid Kaag, yang inisiatif bergabung dalam Coalition juga membahas topik-topik lainnya yang didiskusikan dalam forum G20.
Topik yang dibahas tersebut, meliputi soal capital adequacy framework, sustainable finance, digital economy, financial inclusion, dan perpajakan internasional.sinpo

Komentar: