KPK Hadirkan Dokter Independen Untuk Memastikan Kesehatan Lukas Enembe

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 18 Oktober 2022 | 08:47 WIB
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)

SinPo.id -  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memeriksa kesehatan Gubernur Papua Lukas Enembe dengan membawa tim dokter independen dari Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) di kediamannya di Jayapura, Papua. Keputusan tersebut diambil setelah Lukas Enembe mangkir di Gedung Merah Putih KPK Jakarta dengan alasan sakit.

"Rencana kunjungan tim dokter independen dari IDI ke Jayapura sehubungan dengan informasi sakitnya tersangka LE,” kata Pelaksana tugas Juru Bicara bidang Pencegahan KPK, Ipi Maryati Kuding kepada wartawan, Selasa 18 Oktober 2022.

KPK berinisiatif memastikan Kesehatan Lukas Enembe dengan menghadirkan tim dokter independen dari IDI untuk melakukan pemeriksaan. Sedangkan teknis kunjungan tim dokter tersebut akan dibahas di Kantor Pusat IDI dihadiri tim dokter Independen, tim dokter Lukas Enembe dan tim dokter KPK, meski Ipi tak menjelaskan kapan pertemuan tersebut akan berlangsung.

Menurut Ipi, KPK telah menerima hasil pemeriksaan kesehatan Lukas Enembe yang dilakukan oleh dua orang dokter spesialis dari Singapura. Hasil pemeriksaan itu diterima langsung oleh Direktur Penyidikan (Dirdik) KPK Asep Guntur didampingin tim penyidik dan tim dokter KPK.

"Hal ini kami lakukan sesuai dengan prinsip KPK untuk menjunjung tinggi asas-asas dalam pelaksanaan tugas pokok KPK termasuk hak asasi manusia dalam proses penegakan hukum," ujar Ipi menjelaskan.

KPK wajib memastikan kondisi kesehatan Lukas Enembe yang telah dijadikan tersangka kasus korupsi dan membantu pengobatan serta pemulihan kesehatan. Kepastian itu sebagai bagian proses hukum yang sedang ditangani di KPK dapat berjalan dan ditindaklanjuti dengan langkah-langkah hukum selanjutnya.

 sinpo

Komentar: