Anies Disebut Tak Bertanggung Jawab Keuangan Formula E

Laporan: Zikri Maulana
Selasa, 18 Oktober 2022 | 09:31 WIB
Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PDIP, Gilbert Simanjuntak (SinPo.id/Ist)
Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PDIP, Gilbert Simanjuntak (SinPo.id/Ist)

SinPo.id -  Anies Baswedan dianggap tidak bertanggung jawab penyelenggaraan Formula E yang digelar pada 4 Juni 2022 lalu. Ia tidak memberikan hasil audit gelaran tersebut kepada publik hingga akhir masa jabatannya.

"Ini sangat memalukan, tidak bertanggung jawab. Anies sendiri tidak berani mempertanggung jawabkan keuangan Formula E," kata Anggota DPRD DKI Fraksi PDIP, Gilbert Simanjuntak, Selasa 18 Oktober 2022.

Padahal, kata Gilbert, hasil audit gelaran tersebut sudah ditunggu masyarakat dan juga dewan legislatif. Mengingat biaya yang diikeluarkan cukup besar yakni, Rp 360 miliar untuk membayar commitment fee.

Ia juga menyayangkan sikap Anies yang tidak mau menjelaskan secara rinci terkait gelaran tersebut kepada dewan, ketika dia masih menjabat sebagai Gubernur DKI.  "Menghindari penggunaan hak interpelasi legislatif yang dijamin UU dengan melakukan tindakan inkonstitusional lewat perjamuhan makan malam politik," ujar Gilbert menegaskan.

Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta itu juga menyayangkan sikap Partai Nasdem yang mengatakan ada kriminalisasi saat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjalankan tugasnya memeriksa kasus tersebut.

Politisi PDI Perjuangan itu menyebut dana Formula E yang lebih dari ratusan miliar itu mestinya bisa digunakan untuk kepentingan warga yang saat ini masih dilanda pandemi dan ekonomi yang melemah.  "Sebenarnya bukan hanya KPK yang korban. Lebih menyedihkan warga DKI yang kehilangan sia-sia sekitar Rp830 M lalu akhirnya kehilangan kesempatan untuk bantuan UMKM, perumahan layak huni, normalisasi sungai dan hal prioritas lainnya," kata Gilbert menjelaskan.sinpo

Komentar: