Jokowi Sebut Stadion Kanjuruhan akan Diruntuhkan dan Dibangun Ulang

Laporan: Sinpo
Selasa, 18 Oktober 2022 | 19:05 WIB
Presiden Joko Widodo/ BPMI Setpres
Presiden Joko Widodo/ BPMI Setpres

SinPo.id - Presiden Joko Widodo menegaskan, Stadion Kanjuruhan akan diruntuhkan total. Keputusan ini diambil terkait petaka Kanjuruhan, yang terjadi pada Sabtu 1 Oktober 2022 malam.

"Stadion Kanjuruhan di Malang akan kita runtuhkan. Kita bangun lagi sesuai standar FIFA," kata Jokowi, Selasa 18 Oktober 2022.

Nantinya, kata Jokowi, stadion yang menjadi kebanggaan Aremania itu akan dibangun lengkap dengan sejumlah fasilitas keamanan yang memadai. Sehingga kemungkinan insiden yang merenggut ratusan jiwa itu tak terjadi lagi di masa yang akan datang.

"Kita jadikan (Kanjuruhan) contoh standar stadion dengan fasilitas-fasilitas yang baik, menjamin keselamatan penonton dan pemain," ucapnya.

Sebelumnya, Pemerintah RI dan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) sepakat melakukan transformasi sepak bola Indonesia secara menyeluruh. Selain itu kedua pihak juga akan memastikan semua aspek pertandingan berjalan sesuai dengan standar keamanan yang ditetapkan oleh FIFA.

Hal ini ditegaskan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) usai bertemu dengan Presiden FIFA Gianni Infantino. Kata Jokowi, baik pemain maupun penonton pertandingan sepak bola harus terjamin keamanannya.  

“Kita sepakat mengkaji kembali kelayakan stadion dan juga menerapkan teknologi untuk membantu mitigasi aneka potensi yang membahayakan penonton maupun pemain,” ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, seperti dilansir website Setkab.sinpo

Komentar: